Thursday 28th of March 2024

Pengertian Tabel Skala Likert Menurut Sugiyono Disertai dengan Cara Menghitung Kuesionernya

×

Pengertian Tabel Skala Likert Menurut Sugiyono Disertai dengan Cara Menghitung Kuesionernya

--

ASCOMAXX.com – Informasi menarik kali ini mengenai pengertian dari tabel skala likert menurut sugiono dan cara menghitungnya yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Sebagai informasi, skala Likert adalah skala yang digunakan untuk mengukur persepsi, sikap atau pendapat seseorang atau kelompok mengenai sebuah peristiwa atau fenomena sosial, berdasarkan definisi operasional yang telah ditetapkan oleh peneliti.


Skala ini biasanya digunakan pada riset yang berupa survei, termasuk dalam penelitian survei deskriptif. Skala ini sendiri pertama kali diciptakan oleh Rensis Likert (1932) dari Amerika Serikat yang pertama kali menggunakan skala ini untuk menjelaskan suatu laporan.

Baca juga: Irigasi Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Baca juga: Penyebab Banjir di Indonesia Ternyata adalah Perubahan Iklim Global, Begini Penjelasan Para Ahli

Baca juga: Hukum Acara Perdata Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Sumber Hukum

Dalam pelaksanaannya, terdapat istilah tabel skala likert yang banyak orang tidak mengetahui makna sebenarnya. Baca artikel ini sampai habis agar kamu memahami istilah tersebut dengan baik!

Pengertian Tabel Skala Likert Menurut Sugiyono

Pengertian dari tabel Skala Likert menurut Sugiyono adalah suatu skala untuk mengukur sikap yang dimiliki oleh responden. Bisa juga digunakan untuk melihat pendapat atau persepsi seseorang maupun sekelompok orang, sehingga mendapatkan jawaban yang tepat untuk fenomena sosial yang diteliti.

Sumber:

UPDATE TERBARU