Friday 29th of March 2024

Irigasi Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

×

Irigasi Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

--

ASCOMAXX.com – Siapa sih yang nggak tau istilah irigasi? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai istilah irigasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pertanian merupakan salah satu kegiatan yang penting di Indonesia. Untuk melakukan kegiatan tersebut, para petani membutuhkan air yang mana dapat membantu tumbuhnya tanaman di sawah.


Baca juga: Tips Membeli Gerobak Kontainer Minimalis, Pas di Kantong, Kualitas Anti Bohong

Baca juga: Nonton Drama Jepang Akai Ringo (2023) Episode 1 Sub Indo, Baru Rilis! Pertemuan Inuta Hikaru dengan Idolanya di Klub

Baca juga: Viral! Scene Series The Last Of Us Episode 2 di Jakarta, Indonesia Hingga Kemunculan Christine Hakim

Hal tersebut membuat para petani harus membangun sarana irigasi yang tepat guna. Lantas, apa itu irigasi?

Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli

Irigasi merupakan usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian. Irigasi juga diartikan sebagai pembuangan air buatan dari sumber air yang tersedia ke suatu lahan.

Tujuan mengalirkannya secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman pada saat suplai infiltrasi tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2001, irigasi atau pengelolaan irigasi adalah segala upaya pemanfaatan air irigasi, termasuk pengoperasian dan pemeliharaan, pengamanan, pemulihan, dan peningkatan jaringan irigasi.

Sedangkan berdasarkan UU No. 7 Tahun 2004 bukan lebih dari sekedar upaya penyediaan air untuk tujuan pertanian saja, tetapi cakupan yang lebih luas termasuk:

Sumber:

UPDATE TERBARU