Wednesday 8th of May 2024

Cara Membuat Interval Skala Likert dengan Mudah dan Praktis, Analisis Jadi Makin Mudah

×

Cara Membuat Interval Skala Likert dengan Mudah dan Praktis, Analisis Jadi Makin Mudah

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat interval skala likert yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Ketika akan melakukan penelitian, dibutuhkan metode agar penelitian tersebut berjalan secara runtut. Metode penelitian sendiri merupakan prosedur, tata cara atau langkah-langkah ilmiah yang digunakan untuk memperoleh data sebagai pemenuhan tujuan penelitian.


Baca juga: Rumus & Cara Menghitung Standar Deviasi di Excel Paling Mudah, Cepat, dan Anti Gagal

Baca juga: Cara Menghitung Mean, Median, & Modus di Excel dengan Mudah dan Cepat, Pakai Rumus Ini Jadi Lebih Praktis!

Baca juga: Inilah Rumus VSCO Pantai Terkeren 2023, Bisa Hasilkan Banyak Likes dan Followers Instagram mu!

Dalam pelaksanaannya, terdapat istilah skala likert yang banyak orang tidak mengetahui makna sebenarnya. Baca artikel ini sampai habis agar kamu memahami istilah tersebut dengan baik!

Pengertian Skala Likert Menurut Para Ahli

Dilansir berbagai sumber, berikut ini adalah informasi mengenai pengertian skala likert menurut para ahli:

- Skala Likert Menurut Anwar

Anwar menjelaskan bahwa skala likert merupakan metode penskalaan atas pernyataan sikap. Dia menggunakan respon sebagai sebuah distribusi dan penentu nilai dari skala yang dipakai untuk penelitian yang dilakukan.

Terdapat beberapa kategori respon yang bisa digunakan oleh peneliti, yakni respon sangat setuju yang disingkat sebagai SS, setuju, yang disingkat sebagai S dan dua pernyataan sikap negative. Pernyataan negative tersebut adalah tidak setuju yang disingkat TS, dan sangat tidak setuju atau STS.

Sumber:

UPDATE TERBARU