Sunday 19th of May 2024

Bendungan Katulampa Jadi Alarm Peringatan Banjir di Jakarta, Ini Manfaat dan Fungsi Lainnya yang Tak Kalah Keren

×

Bendungan Katulampa Jadi Alarm Peringatan Banjir di Jakarta, Ini Manfaat dan Fungsi Lainnya yang Tak Kalah Keren

--

ASCOMAXX.com - Bendungan taua waduk memang punya banyak fungsi. Di bawah ini kami sampaikan informasi terkait fungsi dan manfaat Bendungan Katulampa di Bogor yang sudah beroperasi lebih dari 100 tahun lamanya. 

Bendungan Katulampa terletak di Bogor. Bendung Katulampa sudah mulai digunakan di tahun 1911, tetapi sebenarnya proses dibangunnya bendung ini telah dimulai sejak 1889, yaitu ketika banjir besar melanda kota Jakarta di tahun 1872.


Bendungan Katulampa mulanya dibuat lantaran bencana banjir yang membuat daerah elit Harmoni terendam air dari luapan Sungai Ciliwung. Dari Katulampa, air yang berasal dari Ciliwung kemudian dialirkan lewat pintu air menuju arah Kali Baru Timur.

Baca juga: Sejarah Bendungan Katulampa yang Sudah Digunakan Selama 100 Tahun Lebih Sejak 1911 Silam

Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Katulampa di Bogor, Dibangun Sejak Era Daendels Tahun 1889 Silam

Baca juga: Bendungan Katulampa Bogor: Lokasi, Harga Tiket, Jam Operasional, dan Fasilitas Wisata yang Menarik

Dibangun sejak 1889, yaitu ketika banjir besar melanda kota Jakarta di tahun 1872. Tak heran terekam banyak jejak mistis di sini. Penjaga Bendungan Katulampa yang bernama Aliyudi menceritakan bahwa ada warga yang melihat dua orang tentara berkulit putih dan bertubuh tinggi di jembatan bendungan. Tak hanya itu ada begitu banyak jejak misteri bendungan ini.

Namun di samping itu, bendungan ini sangatlah bermanfaat. Pada awalnya Bendungan Katulampa bertujuan sebagai peringatan dini atas air yang sedang mengalir ke Jakarta serta sarana irigasi lahan seluas 5.000 hektare yang terdapat pada sisi kanan dan kiri bendung.

Sumber:

UPDATE TERBARU