Thursday 2nd of May 2024

Mengenal Elsimil BKKBN, Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil Untuk Mencegah Kelahiran Stunting

×

Mengenal Elsimil BKKBN, Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil Untuk Mencegah Kelahiran Stunting

--

Mengenal Elsimil BKKBN

Elsimil BKKBN adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan BKKBN bersama Kementerian Agama untuk pencegahan stunting dari hulu dan mulai diberlakukan sejak awal 2022.

Aplikasi ini diharapkan mendeteksi lebih awal potensi lahirnya bayi stunting berdasarkan kondisi kesehatan calon pasangan pengantin. Sehingga nantinya diharapkan bisa leboh mencapai kriteria ideal untuk persiapa membesarkan seorang anak dan membina keluarga.

Elsimil BKKBN Web App


Aplikasi ini memuat usia, status gizi (berat badan, tinggi badan, ukuran lingkar lengan dan perut, kadar hemoglobin (Hb)), dan perilaku merokok. Nah, berdasarkan data ini, Tim Pendamping Kesehatan (TPK) yang terdiri dari PKK, kader KB, dan tenaga kesehatan dapat mendeteksi calon pengantin dengan faktor risiko stunting.

Baca juga: 5 Aplikasi Game Spin Penghasil Uang Paling Cepat dan Terpercaya, Bisa Langsung Masuk Rekening

Baca juga: 7 Aplikasi Pinjol Tanpa Jaminan yang Terdaftar OJK Tahun 2023, Cepat Banget Tak Sampai 5 Menit Langsung Cair di Rekening

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Aplikasi Danafix 2023, Aplikasi Resmi OJK Tanpa Jaminan, Mudah dan Gak Pakai Ribet

Tak hanya itu, Elsimil juga berfungsi sebagai media edukasi tentang kesehatan reproduksi, kontrasepsi, kesiapan pranikah, kesiapan kehamilan, serta cegah kanker.

Untuk pasangan yang akan menyelenggarakan pernikahan usai semua proses sesuai petunjuk di aplikasi, nantinya sertifikat Elsimil akan muncul. Sertifikat Ensimil sebagai syarat yang harus disertakan saat daftar nikah di KUA.

Sumber:

UPDATE TERBARU