Tuesday 21st of May 2024

Tujuan Nilai-Nilai Pancasila Buat Gen Z yang Harus Segera Ditanamkan Dalam Pendidikan Kewarganegaraan

×

Tujuan Nilai-Nilai Pancasila Buat Gen Z yang Harus Segera Ditanamkan Dalam Pendidikan Kewarganegaraan

--

Di era modernisasi ini memang tak bisa dipungkiri bahwa nilai-nilai Pancasila jadi sbeuah solusi yang menawarkan jawaban namun, sejak kapan nilai ini harus diajarkan dan hal apa saja yang mampu diatasinya masih jadi pertanyaan. Berikut kami berikan ulasan singkatnya.

Tujuan Nilai-Nilai Pancasila

1. Kesadaran perpajakan


Hingga kini warga negara yang belum terdaftar sebagai wajib pajak tidak membayar pajak tetapi ikut menikmati fasilitas yang disediakan oleh pemerintah pun masih ada.

2. Korupsi

Sampai sekarang masih sering terjadi di Indonesia karena banyaknya pejabat pejabat tinggi yang kurang moral Pancasila.

3. Isu lingkungan

Banyaknya kasus pembakaran hutan, Polusi yang diakibatkan oleh pabrik dan kendaraan yang semakin banyak dan lain-lain menjadikan isu lingkungan masih masalah di negeri kita.

Baca juga: Pameran Pendidikan IIETE Hadirkan 80+ Exhibitor, Kampus Unggulan Dari Dalam dan Luar Negeri Banyak yang Hadir!

Baca juga: Daftar SDIT Domisili Jakarta, Bisa Jadi Pilihan Orang Tua Untuk Meneruskan Pendidikan Terbaik untuk Sang Buah Hati

Baca juga: Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan: Tentang, Lokasi, Sejarah, dan Jenjang Pendidikan

4. Disintegrasi bangsa

Demokratisasi mengalir dengan deras menyusul terjadinya reformasi Indonesia namun disamping menghasilkan perbaikan dengan tata negara, terjadi juga terkikisnya rasa kesatuan dan persatuan bangsa.

5. Dekadensi moral

Hadirnya berbagai media massa yang mempertontonkan tayangan dewasa, kekerasan, pergaulan bebas sehingga terkikisnya moralitas dan akhlak masyarakat.

6. Narkoba

Sanksi yang diberikan terkesan kurang tegas sehingga tidak menimbulkan efek jera. Akibatnya, banyak generasi muda yang masa depannya suram karena kecanduan narkoba.

7. Hukum

Masih banyak aparatur negara yang memanfaatkan jabatannya. Kurangnya keadilan dalam penegakan hukum padahal ini sangat penting dalam kehidupan masyarakat. 

8. Terorisme

Salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah terorisme. Tindakan ini sangat merugikan dan membahayakan dengan melawan hukum dan mengatasnamakan agama.

Demikianlah informasi mengenai tujuan nilai-nilai Pancasila yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Pastikan selalu menjunjung tinggi nilai ini, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU