Friday 10th of May 2024

Tujuan Nilai-Nilai Pancasila Buat Gen Z yang Harus Segera Ditanamkan Dalam Pendidikan Kewarganegaraan

×

Tujuan Nilai-Nilai Pancasila Buat Gen Z yang Harus Segera Ditanamkan Dalam Pendidikan Kewarganegaraan

--

ASCOMAXX.com – Urgensi pendidikan pancasila pada generasi muda makin mengkhawatirkan! Pada artikel berikut ini kami sampaikan informasi mengenai tujuan nilai-nilai Pancasila buat Gen z atau anak-anak tahun 2000 an yang tumbuh di era modernisasi yang harus kamu ketahui. 

Pancasila adalah sebuah ideologi dasar sekaligus pedoman hidup yang mampu menyatukan bangsa Indonesia. Pancasila memiliki lima nilai di dalamnya, antara lain Ketuhanan, Kemanusiaan, Kesatuan, Kerakyatan, dan Keadilan.


Pancasila sendiri digali oleh Bung Karno yang lahir pada tanggal 1 Juni 1945 dan dipahami sebagai ideologi, yaitu suatu cita-cita bagi bangsa Indonesia yang plural untuk bersatu mengamankan dan menyejahterakan dirinya secara bersama-sama.

Baca juga: Profil Melissa Siska Juminto CEO Baru Tokopedia Lengkap Dengan Biodata Umur, Pendidikan, Agama

Baca juga: Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan 2023, Lengkap dengan Persyaratan dan Jenjang Pendidikan

Baca juga: Pementasan Kesenian Didong, Bahas Isu Pendidikan, Kritik Sosial, Hingga Keindahan Alam

Pancasila menjadi penting bagi masyarakat untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila. Untuk itu, setiap warga negara harus menumbuhkan rasa cintanya terdapat Pancasila.

Setiap warga negara harus mempelajari dan mengenal Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Artinya, semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila.

Nilai-nilai yang terkandung di dalam kelima asas Pancasila dijadikan landasan bagi setiap warga negara untuk bersosialisasi, menjalankan kehidupan beragama, menegakkan hak asasi manusia, dan bekerja sama dalam bidang apapun. Maka dari itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari.

Sumber:

UPDATE TERBARU