Friday 10th of May 2024

Kumpulan Contoh Soal Hukum Kirchoff I dan II, Dilengkapi dengan Pembahasan

×

Kumpulan Contoh Soal Hukum Kirchoff I dan II, Dilengkapi dengan Pembahasan

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah informasi mengenai kumpulan contoh soal hukum Kirchoff yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dilansir dari berbagai sumber, hukum Kirchoff adalah hukum yang ditemukan oleh Gustav Robert Kirchhoff yang merupakan ahli fisika asal Jerman. Kirchhoff menjelaskan hukumnya tentang kelistrikan ke dalam dua bagian, yaitu Hukum I Kirchhoff dan Hukum II Kirchhoff.


Baca juga: Bunyi Hukum Kirchoff I dan II, Dilengkapi dengan Rumus dan Contoh Soalnya

Baca juga: Rumus Algoritma Scatter 5 Dragon Higgs Domino Topbos Lengkap dengan Gambar Pola Terbaru 2023

Baca juga: Rumus Mencari Jari Jari Tabung, Ketahui Caranya Dengan Jika Diketahui Beberapa Bagiannya!

Bunyi Hukum Kirchoff

Diketahui jika hukum Kirchoff dibagi menjadi dua yaitu hukum Kirchoff I dan hukum Kirchoff II. Masing-masing memiliki pedoman sendiri. Berikut penjelasannya:

Hukum Kirchoff I

Hukum Kirchoff I sendiri adalah sebuah hukum kekekalan muatan listrik yang menyatakan bahwa jumlah muatan listrik yang mengalir tidaklah berubah. Berikut ini bunyinya:

"Jumlah kuat arus listrik yang masuk ke suatu titik cabang akan sama dengan jumlah kuat arus listrik yang meninggalkan titik itu."

Hukum Kirchoff II

Sedangkan hukum Kirchoff I adalah hukum yang berlaku pada rangkaian yang tidak bercabang yang digunakan untuk menganalisis beda potensial (tegangan) pada suatu rangkaian tertutup. Berikut bunyinya:

"Jumlah aljabar beda potensial (tegangan) pada suatu rangkaian tertutup adalah sama dengan nol."

Sumber:

UPDATE TERBARU