Sunday 5th of February 2023

Rumus Mencari Jari Jari Tabung, Ketahui Caranya Dengan Jika Diketahui Beberapa Bagiannya!

×

Rumus Mencari Jari Jari Tabung, Ketahui Caranya Dengan Jika Diketahui Beberapa Bagiannya!

--

ASCOMAXX.com –Tabung atau seringkali disebut silinder adalah suatu bangun ruang yang terdiri dari susunan 3 buah sisi yakni 2 buah lingkaran yang berukuran sama serta 1 segiempat yang menyelimuti atau mengelilingi kedua buah lingkaran tersebut.

Dalam praktiknya, ada banyak sekali rumus di dalamnya. Kali ini kami akan membahas mengenai rumus mencari jari-jari tabung jika diketahui beberapa bagiannya.


Baca juga: Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soal dan Pembahasan, Lengkap Mudah Dipahami

Baca juga: Rumus Tekanan Zat Padat dan Pengertiannya, Beserta Contoh Soal Penerapan Langsung

Baca juga: Apa itu Aggregate Demand, Rumus Pengukuran Ekonomi Lengkap Dengan Faktor Yang Mempengaruhinya

Tabung yakni suatu bangun ruang yang mempunyai sisi melengkung. Dimana bangun tabung memiliki 3 bidang sisi utama, yaitu bidang sisi alas yang biasanya disebut alas tabung, bidang lengkung yang disebut selimut tabung, serta bidang atas yang disebut dengan tutup tabung. Sedangkan bagian sisi alas dan sisi atas tabung tersebut berbentuk lingkaran yang kongruen dan sejajar.

Tabung terdiri atas unsur-unsur, yakni jari-jari, diameter, dan  tinggi tabung. Jari-jari tabung merupakan setengah dari titik pusat lingkaran pada bagian tabung, kemudian diameter itu sendiri merupakan suatu garis lurus yang ditarik dari sebuah lingkaran yang memiliki dua kali dari  panjang jari-jari tabung. Sedangkan tinggi tabung merupakan lebar pada sisi bagian lengkung yang terletak pada selimut tabung.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU