Tuesday 30th of April 2024

Burung Perkutut Kantong Semar, Filosofi dari Tokoh Pewayangan Pembawa Keberuntungan

×

Burung Perkutut Kantong Semar, Filosofi dari Tokoh Pewayangan Pembawa Keberuntungan

--

ASCOMAXX.com - Sebagian orang mungkin pernah memiliki burung perkutut kantong semar satu ini. Burung ini dipercaya memiliki beberapa mitos di masyarakat, filosofi dari burung ini juga diambil dari tokoh pewayangan semar. Berikut informasi lengkapnya.

Burung Perkutut Kantong Semar adalah salah satu jenis perkutut lokal yang memiliki ciri unik. Melalui ciri uniknya, siapapun pasti bisa dengan mudah membedakannya dari perkutut pada umumnya. Burung ini merupakan spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia.


Seseorang yang bisa mendapatkan burung ini, dan memilikinya dirumah biasanya selalu dikaitkan dengan mitos-mitos yang ada di masyarakat. Secara umum mitos atau tuah pada Burung Perkutut ada yang baik dan juga buruk jika dipelihara.

Baca juga: Mitos Danau Tendetung Sulawesi Tengah, Dua Sejoli yang Tak Direstui Orang Tua dan Alam

Baca juga: Mitos Curug Cantel Tegal, Dipercaya Bisa Bikin Jomblo Enteng Jodoh dan Mempererat Hubungan Pasangan yang Datang

Baca juga: Arti Mitos Kejatuhan Cicak yang Dipercaya Masyarakat Jawa, Benarkah Bawa Sial? Ini Jawabannya!

Burung ini tentunya memiliki ciri yang unik pada bagian perut atau tembolok, terlihat lebih menonjol ke depan atau melembung seperti perut semar. Karena ciri khasnya tersebut, jenis perkutut lokal ini kemudian banyak dikaitkan dengan tokoh pewayangan Semar.

Sumber:

UPDATE TERBARU