Saturday 20th of April 2024

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jadi Ponpes Tertua di Indonesia

×

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jadi Ponpes Tertua di Indonesia

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Pondok Pesantren Sidogiri yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Santri Ponpes Al Berr Pasuruan Tewas Dibakar Senior, Ketua Pondok Sebut Tak Ada Unsur Kesengajaan

Baca juga: Pendaftaran KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun 1444 H/ 2023 Masehi, Lengkap dari Syarat Hingga Biaya Administrasi

Baca juga: Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang, Nongkrong Cantik dengan Spot Foto Estetik

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Ponpes Sidogiri

Dilansir dari berbagai sumber, ponpes Sidogiri merupakan sebuah pondok pesantren yang terletak di Sidogiri, Pasuruan. Pondok Pesantren tersebut didirikan pada awal abad ke-18, menjadikan Sidogiri sebagai salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia.

Sejarah Ponpes Sidogiri

Pondok Pesantren Sidogiri didirikan oleh Sayyid Sulaiman, yang merupakan keturunan Rasulullah dari marga Basyaiban asal Cirebon, Jawa Barat.

Sumber:

UPDATE TERBARU