Tuesday 19th of March 2024

Tradisi Kirab Satu Suro di Solo Jawa Tengah Diadakan Setiap Tahun, Begini Makna dan Perayaannya yang Unik

×

Tradisi Kirab Satu Suro di Solo Jawa Tengah Diadakan Setiap Tahun, Begini Makna dan Perayaannya yang Unik

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang akan membahas tentang tradisi - tradisi yang dilakukan untuk menyambut datangnya Satu Suro di Solo Jawa Tengah yang akan segera tiba.

Satu Suro merupakan bulan yang sangat dimuliakan di agama Islam. Saat menjelang datangnya Satu Suro orang – orang muslim terutama di masyarakat Jawa menyambutnya. Nah, setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda – beda untuk menyambut Satu Suro.


Ada banyak sekali tradisi yang biasa dilakukan di setiap daerah untuk menyambut datangnya Satu Suro di setiap tahunnya. Untuk mengetahui tradisi – tradisi yang dilakukan di untuk menyambut Satu Suro, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Download Kalender Event Jawa Tengah 2023, Perkenalkan Tradisi dan Kesenian Daerah yang Khas

Baca juga: Viral Tiktok Video Pelakor di Aceh Diganjar Hukum Cambuk, Netizen: Adat Tradisi Keren!

Baca juga: Apa Itu Hari Raya Galungan dan Kuningan? Perayaan Untuk Agama Hindu di Bali Dengan Tradisinya yang Unik

Bulan Juli 2023 memasuki bulan Muharram 1444 H. Dalam budaya Jawa, awal bulan disebut Satu Suro. Hal ini didasarkan pada kalender Jawa.

Kalender yang pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645) ini mengacu penanggalan Hijriah (Islam). Satu Suro yang sangat lekat dengan budaya Jawa. 

Sumber:

UPDATE TERBARU