Tuesday 14th of May 2024

Daftar 4 Keris Berpasangan yang Konon Bisa Membawa Kesuksesan Dalam Hidup

×

Daftar 4 Keris Berpasangan yang Konon Bisa Membawa Kesuksesan Dalam Hidup

--

Penggunaan Keris Sebagai Pusaka

Penggunaan jimat sebagai penyelesaian masalah memang bukanlah hal yang baru. Dan dari berbagai macam jenis jimat yang ada, nama keris Semar Mesem bisa dikatakan sebagai yang paling populer. Bagaimana tidak, jimat satu ini dikatakan sebagai kunci dari semua permasalahan yang ada.

Namun, beberapa hal tak bisa diraih dengan mudah tanpa usaha. Jadi pastikan kamu berusaha keras dan berdoa dengan tekun ketimbang berharap pada hal lain di luar dirimu sendiri yang cenderung memiliki kemungkinan untuk mengecewakanmu.


Baca juga: Mengenal Keris Pusaka Klewer: Ampuh Memikat Hati Wanita yang Dicintai? Auto Klepek-klepek!

Baca juga: Cara Merawat Keris Berkhodam Biar Kekuatan Pusakanya Tetap Ampuh, Tak Boleh Sembarangan

Baca juga: Manfaat Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya, Siap Reduksi Banjir Jawa Barat dan Selesai 2023

4 Keris Berpasangan yang Konon Bisa Membawa Kesuksesan Dalam Hidup

Peninggalan nenek moyang yang melegenda dan memiliki nilai budaya serta filosofi kehidupan di antaranya terdapat pada keris.

"Keris itu ageman, bisa diartikan busana atau pakaian. Bagi orang Jawa, keris mengandung makna mendalam, bahkan terdapat filosofi alur kehidupan," kata Sulistiono, anggota Paguyuban Senopati (Serikat Pelestari Tosan Aji) Nusantara, di Kabupaten Bojonegoro, Senin, (18/11/2018).

Menurut Sulistiono, ada empat simbol bilah keris yang harus diketahui bahkan wajib dimiliki orang Jawa, terutama generasi muda. Keempatnya memiliki dapur atau bentuk lurus, runcing, dan tajam.

"Orang Jawa memiliki empat pusaka wajib berdapur lurus. Pusaka keris itu adalah Brojol, Tilam Sari, Tilam Upih, dan Jalak Sangu Tumpeng," ujar pria asli Wonogiri, Jawa Tengah, itu.

Yang mana empat keris tersebut mempunyai arti yang berbeda-beda, tapi saling berkaitan. Keris Brojol merupakan lambang keluar dari sebuah permasalahan. Tilam Sari melambangkan keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah.

Demikianlah artikel mengenai 4 keris berpasangan yang konon bisa membawa kesuksesan dalam hidup . Semoga artikel kali ini dapat membantu menjawab pertanyaanmu. 

Sumber:

UPDATE TERBARU