Sunday 19th of May 2024

Sekda Kalteng Usulkan Pemekaran Wilayah Barito Raya, Inilah Daftar 6 Kecamatan yang Alami DOB!

×

Sekda Kalteng Usulkan Pemekaran Wilayah Barito Raya, Inilah Daftar 6 Kecamatan yang Alami DOB!

--

“Pada awalnya pembentukan Provinsi Barito Raya sudah memenuhi syarat lima kabupaten, yakni Barito Timur, Barito Utara, Barito Selatan, Murung Raya, dan satu kabupaten dari Kalimantan Selatan, yakni Barito Kuala. Sayangnya, pemekaran tersebut terganjal regulasi setelah Kabupaten Barito Kuala mundur,” beber Nuryakin.

Baca juga: Daftar Daerah Pemekaran Kabupaten Rokan Darussalam Kembali Dibahas Jelang Pemilu 2024, Cek Apakah Wilayahmu Termasuk


Baca juga: Daftar 6 Kecamatan Baru di Kabupaten Pasaman Utara, Jadi Rencana Pemekaran Terbaru Pasbar

Baca juga: Loa Ipuh Akan Alami Pemekaran jadi 3 Wilayah, Lurah: Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Daftar Kecamatan yang Alami Pemekaran Wilayah

Sekretaris I Panitia Pembentukan Provinsi Barito Raya, H. Nuryakin, menjelaskan bahwa upaya pemekaran Barito Raya telah dimulai sejak tahun 2012. Usulan pembentukan daerah otonomi baru ini bahkan muncul sebelum usulan pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya.

Nuryakin menyebut bahwa karena Barito Kuala telah mengundurkan diri, solusi yang lebih mungkin untuk mendirikan Provinsi Barito Raya adalah dengan pembentukan kabupaten baru yang dapat bergabung dengan Barito Raya, sehingga memenuhi syarat untuk pemekaran provinsi.

Salah satu pilihan adalah dengan memekarkan Kecamatan Kapuas Hulu, Kapuas Tengah, Timpah, Pasak Talawang, dan Mandau Talawang, atau sebagai bagian dari Kabupaten Kapuas, untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kapuas Ngaju.

“Kalau kita bicara potensi ke depan, Barito Raya layak menjadi provinsi tersendiri, karena memiliki kekayaan SDA yang melimpah. Dari segi penduduk dan infrastruktur, saya kira bisa dibangun seiring berdirinya. Kami sebagai orang Barito akan terus memperjuangkan pemekaran itu,” ungkap pria yang juga menjabat Sekda Kalteng.

Sumber:

UPDATE TERBARU