Sunday 5th of May 2024

Sekda Kalteng Usulkan Pemekaran Wilayah Barito Raya, Inilah Daftar 6 Kecamatan yang Alami DOB!

×

Sekda Kalteng Usulkan Pemekaran Wilayah Barito Raya, Inilah Daftar 6 Kecamatan yang Alami DOB!

--

ASCOMAXX.com - Rencana pemekaran Wilayah di daerah Barito Raya kini sudah sampai pada tahap pengusulan. Terdapat 6 kecamatan yang akan alami pemekaran. Nah, berikut adalah rangkuman lengkap yang bisa kalian simak. 

Pemekaran wilayah adalah proses administratif di mana suatu daerah atau wilayah yang lebih besar dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Tujuan dari pemekaran wilayah biasanya adalah untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi dalam mengelola daerah tersebut.


Pemekaran wilayah dapat melibatkan pembentukan kelurahan atau desa baru, kecamatan baru, atau bahkan pembentukan kabupaten atau provinsi baru.

Baca juga: Rencana Pemekaran Kabupaten Deli Serdang, Caleg Gerindra Bobby Octavianus Zulkarnain Sampaikan Pandangannya

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Rokan Darussalam Ditolak Tokoh Setempat: Jangan Mengambil Wilayah Tapung

Baca juga: Siap Direalisasi! Inilah Pembagian Pemekaran Wilayah Loa Ipuh Menjadi 3 Kelurahan yang Sudah Lengkapi Berkas

Proses ini sering kali didorong oleh kebutuhan untuk mendekatkan pemerintahan kepada masyarakat setempat, meningkatkan aksesibilitas layanan publik, atau mengoptimalkan pengelolaan sumber daya.

Pemekaran wilayah biasanya melibatkan proses perundang-undangan dan persetujuan dari berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat yang terkena dampak.

Rencana Pemekaran Wilayah Barito Raya

Barito Raya juga layak untuk dipecah menjadi provinsi baru. Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, menyatakan bahwa pemekaran wilayah adalah langkah yang tepat untuk mempercepat pembangunan yang merata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baik pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya maupun Provinsi Barito Raya dianggap memiliki potensi yang baik untuk meningkatkan pembangunan daerah dan otonomi wilayah masing-masing.

Terlebih lagi, wilayah Barito Raya berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah, sehingga pembentukan Provinsi Barito Raya dianggap sebagai daerah pendukung bagi perkembangan IKN.

Sumber:

UPDATE TERBARU