Thursday 2nd of May 2024

Apa Arti Spek Manhwa yang Kini Viral di Tiktok? Istilah Baru di Dunia Komik yang Wajib Kamu Tahu!

×

Apa Arti Spek Manhwa yang Kini Viral di Tiktok? Istilah Baru di Dunia Komik yang Wajib Kamu Tahu!

--

ASCOMAXX.com – Tidak seperti manga, mungkin istilah manhwa belum terlalu dikenal. Ditinjau dari etimologi, manhwa (만화) dan manga (漫画) memiliki arti “impromptu drawings” atau “gambar dadakan”.

Yang membedakan kedua saudara ini adalah negara asalnya; manhwa berasal dari Korea, sedangkan manga berasal dari Jepang. Kebalikan dari manga, manhwa menggunakan format membaca dari barat yaitu dari kiri ke kanan.


Kini ada sebuah istilah baru yang muncul di dunia manhwa yaitu Spek Manhwa, lalu seperti apa makna sebenarnya? simak disini untuk lengkapnya ya.

Baca juga: Foto Cantik Sari Endah Pratiwi, Berikut Akun Instagramnya yang Aesthetic Punya Follower 1 Juta

Baca juga: Apa Arti Halo Dek Viral TikTok dan Twitter? Sering Jadi Meme, Ternyata Ini Makna Sebenarnya

Baca juga: Link Grup Telegram Jual Bule PSK di Bali Viral, Banyak Pilihan Tarif dan Layanan yang Bervariasi

Istilah “manhwa” sendiri baru dipakai pada tahun 1920-an saat penggunaannya bergeser dari politik menjadi kartun anak-anak dan ilustrasi humoris, yang banyak mengangkat humor satir. Ahn Seokju adalah salah satu dari kartunis pertama di Korea Selatan, dan karya manhwa satirnya, “Manmun Manhwa” pertama kali dicetak di koran Chosun Ilbo.

Manhwa semakin diminati masyarakat Korea Selatan seiring berjalannya waktu dan berbagai genre mulai bermunculan, mulai dari romansa, drama, sampai olahraga.

Popularitas manhwa semakin tinggi seiring perkembangan internet yang semakin pesat di awal tahun 2000-an. Webtoon, sebuah platform membaca manhwa online, juga memberikan dampak positif dalam memperkenalkan manhwa ke pembaca di seluruh dunia. 

Sumber:

UPDATE TERBARU