Friday 29th of March 2024

Sumber Hukum Perdata Antara Lain? Berikut Penjelasan Lengkapnya

×

Sumber Hukum Perdata Antara Lain? Berikut Penjelasan Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai sumber hukum perdata yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, hukum adalah alat atau seperangkat kaidah. Perdata sendiri adalah pengaturan hak, harta benda dan sesuatu yang berkaitan antara individu dengan badan hukum. Hukum perdata merupakan ketentuan-ketentuan yang mengatur hak dan kewajiban seseorang dalam masyarakat.


Baca juga: Tangga Nada Gundul-Gundul Pacul, Berikut Lirik, dan Makna Lagu Tradisional yang Ikonik Ini

Baca juga: Sinopsis Telefilm Datin Glam (2022) Beserta Link Nonton dan Daftar Pemerannya, Awas Nangis Bombay

Baca juga: Fakta Menarik Film Dokumenter Harry & Meghan yang Sudah Ditonton Lebih Dari 81,55 Juta Kali di Netflix

Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli

1. Prof. Subekti

Menurut Prof. Subekti, hukum perdata merupakan semua hukum private materiil berupa segala hukum pokok mengatur kepentingan perseorangan.

2. Prof. Sudikno Mertokusumo

Hukum perdata yakni keseluruhan peraturan mempelajari tentang hubungan antara orang yang satu dengan orang lainnya. Baik meliputi hubungan keluarga dan pergaulan masyarakat.

3. Sri Sudewi Masjchoen Sofwan

Hukum perdata diartikan sebagai hukum yang mengatur kepentingan warga negara perseorangan yang satu dan perseorangan lainnya.

Hukum perdata di Indonesia sendiri terdiri dari:

1. Hukum perdata adat

Ketentuan hukum yang mengatur hubungan individu dalam masyarakat adat yang berkaitan dengan kepentingan perseorangan. ketentuan-ketentuan adat ini umumnya tidak tertulis dan berlaku turun temurun dalam kehidupan masyarakat adat tersebut.

Sumber:

UPDATE TERBARU