Thursday 25th of April 2024

Apa Itu Jaringan Irigasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

×

Apa Itu Jaringan Irigasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah informasi mengenai jaringan irigasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pertanian merupakan salah satu kegiatan yang penting di Indonesia. Untuk melakukan kegiatan tersebut, para petani membutuhkan air yang mana dapat membantu tumbuhnya tanaman di sawah.


Baca juga: Link Baca Manhwa Bought By The Demon Lord Before The Ending Full Chapter Bahasa Indonesia, Kisah Pahlawan yang Bosan Berbuat Baik

Baca juga: Download Script Html Bucin Buat yang Sakit Terbaru 2023 dan Tutorial Editnya, Dijamin Ayang Pasti Suka!

Baca juga: Update Baca Manga Kingdom Chapter 746 Bahasa Indonesia, Li Mu Buat Keputusan yang Sangat Bijak

Irigasi merupakan usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian. Irigasi juga diartikan sebagai pembuangan air buatan dari sumber air yang tersedia ke suatu lahan.

Tujuan mengalirkannya secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman pada saat suplai infiltrasi tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2001, irigasi atau pengelolaan irigasi adalah segala upaya pemanfaatan air irigasi, termasuk pengoperasian dan pemeliharaan, pengamanan, pemulihan, dan peningkatan jaringan irigasi.

Sedangkan berdasarkan UU No. 7 Tahun 2004 bukan lebih dari sekedar upaya penyediaan air untuk tujuan pertanian saja, tetapi cakupan yang lebih luas termasuk:

Sumber:

UPDATE TERBARU