Friday 17th of May 2024

Contoh Soal Tes Masuk Pondok Pesantren Tebu Ireng Terbaru 2023/2024, Pelajari Dulu Materi Ini

×

Contoh Soal Tes Masuk Pondok Pesantren Tebu Ireng Terbaru 2023/2024, Pelajari Dulu Materi Ini

--

Diketahui jika Pondok Pesantren Tebu Ireng merupakan salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang didirikan oleh K.H. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899.

Nama Tebu Ireng sendiri menurut cerita masyarakat setempat berasal dari “Kebo Ireng” (Kerbau hitam). Konon pada zaman dahulu ada seorang warga yang mempunyai kerbau ‘bule’ (berkulit kuning/putih).


Pada suatu hari kerbau tersebut menghilang dan ditemukan telah terperosok di rawa-rawa dalam keadaan memprihatinkan dengan lintah yang memenuhi tubuhnya. Kulit kerbau yang tadinya berwarna kuning tersebut berubah menjadi hitam. Seketika itu juga sang pemilik berteriak “Kebo ireng! Kebo ireng!”. Sejak saat itu dusun tempat ditemukannya kerbau tersebut dikenal dengan nama Kebo ireng.

Seiring berkembangnya zaman, kondisi di sekitar perkampungan semakin ramai. Salah satu buktinya adalah berdirinya pabrik gula di dusun tersebut yang mendorong masyarakat untuk menanam tebu yang berwarna hitam untuk bahan baku pembuatan gula. Hal tersebut yang konon juga menjadi latar belakang penamaan dusun Tebu Ireng.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Tebuireng

- SD Islam Tebuireng Ir. Soedigno
- MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng
- Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng
- SMP Abdul Wahid Hasyim Tebuireng
- SMA Abdul Wahid Hasyim Tebuireng
- SMA Trensains Tebuireng
- Madrasah Muallimin Hasyim Asy’ari
- Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari
- SMK Khoiriyah Hasyim Tebuireng

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Kun Anta Al Amin Kabupaten Hulu Sungai Utara, Miliki Pendidikan Tingkat SMP Sederajat

Baca juga: Kamar Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Untuk Santri Putra dan Putri, Begini Fasilitas yang Didapatkan

Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024 Untuk Santri Putra dan Putri

Contoh Soal Tes Masuk Pondok Pesantren Tebu Ireng Terbaru 2023/2024

Pendaftaran dan tes masuk Pondok Pesantren Tebu Ireng kini dilakukan melalui beberapa jalur. Pendaftaran secara daring bisa dilakukan dengan menghubungi panitia penerimaan santri baru dengan mengunjungi situs resmi Pondok Pesantren Tebu Ireng di www.tebuireng.online 

Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan secara luring dengan cara datang langsung ke Pondok Pesantren Tebu Ireng. Sedangkan tes masuk Pondok Pesantren Tebu Ireng meliputi tes potensi akademik, psikotes, muatan lokal pesantren, materi MIPA, baca tulis Al Qur’an serta tes kesehatan.

Selain itu juga ada tes wawancara yang akan digunakan untuk mengetahui aspek kepribadian dan agama dari calon santri.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjutnya, kamu bisa mengunjungi website resminya DISINI

Sekian update kali ini yang membahas mengenai contoh soal tes masuk pondok pesantren tebu ireng terbaru 2023/2024 yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini untukmu. Smeoga membantu, ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU