Wednesday 15th of May 2024

Alasan Jerapah Memiliki Leher Panjang Berikut Habitat, Morfologi, Hingga Fakta Menariknya

×

Alasan Jerapah Memiliki Leher Panjang Berikut Habitat, Morfologi, Hingga Fakta Menariknya

--

ASCOMAXX.com – Melalui artikel kali ini kami akan menyampaikan informasi menarik mengenai jerapah. Untuk kamu yang menyukai satwa yang satu ini langsung saja simak informasi yang sudah kami siapkan untukmu ini ya! 

Jerapah dikenal punya leher paling panjang di antara hewan berkaki empat lainnya. Fisiologi tubuhnya ini menjadikan jerapah bisa dikenali dengan sangat mudah.


Jerapah memiliki tinggi tubuh berkisar antara 4.3 sampai 5.7 meter, dengan tubuh tertinggi yang pernah tercatat mencapai 5.88 meter. Menariknya, tinggi badan dan kaki-kaki jerapah kira-kira hanyalah setengah dari total tinggi tubuhnya tersebut, sisanya merupakan leher.

Baca juga: Mengenal Huruf Pegon, Yuk Pelajari Sejarah Fungsi, Makna, dan Cara Membacanya di Sini

Baca juga: Mengenal Komik BxB yang Sedang Populer di Kalangan Pecinta Komik, Disertai Beberapa Judul Komiknya

Baca juga: Mengenal Karikatur: Pengertian, Sejarah Fungsi dan Tujuan, Contoh, Jenis dan Cara Membuatnya

Tak cuma itu, jerapah masih dapat mendongakkan kepalanya dan mengulurkan lidahnya sejauh 46 cm. Tak heran, leher yang panjang tersebut menjadi karakteristik yang paling menonjol dari jerapah.

Salah satu teori yang menjelaskan tentang panjangnya leher jerapah adalah leher tersebut membantu jerapah untuk memakan daun-daun yang terletak cukup tinggi di atas pohon. Namun teori ini masih belum jelas kebenarannya.

Jerapah suka memakan daun-daun pada pohon akasia yang tingginya mencapai enam meter. Namun akasia bukanlah satu-satunya tumbuhan yang dimakan oleh jerapah. Jerapah juga suka melebarkan kakinya dan membuat tubuhnya menjadi lebih rendah. Dengan begitu, jerapah dapat memakan rumput-rumputan atau daun-daun yang terletak lebih rendah, seperti pada semak-semak.

Sumber:

UPDATE TERBARU