Saturday 27th of April 2024

Penggunaan Bioetanol Untuk BBM Bisa Menekan Emisi Karbon Akan Digunakan di Indonesia?

×

Penggunaan Bioetanol Untuk BBM Bisa Menekan Emisi Karbon Akan Digunakan di Indonesia?

--

Penggunaan Bioetanol Untuk BBM

Target jangka-pendek penggunaan bioetanol dimulai dengan introduksi campuran 5% etanol atau E5 secara terbatas di provinsi DKI Jakarta dan Surabaya. Campuran E5 etanol dapat dimasukkan ke dalam BBM jenis Petralite sehingga kualitas RON meningkat setara Pertamax.

Bioetanol, biodiesel, dan biogas adalah jenis biofuel. Biofuel adalah energi yang terbuat dari materi hidup, biasanya tanaman. Biofuel dianggap energi terbarukan, mengurangi peran dari bahan bakar fosil dan telah mendapat perhatian dalam transisi ke ekonomi rendah karbon.


Baca juga: Nonton Drama Please Don't Spoil Me Season 4 Episode 24-25 Sub Indo, Kemunculan Tokoh yang Merusak Keseimbangan Dunia

Baca juga: Cara Menghapus Nomor Kontak yang Sudah Diblokir di WhatsApp Sebelumnya, Supaya Hilang dari Daftar Kontak

Baca juga: Profil Rasmus Paludan, Politikus Anti Islam yang Gegerkan Media Usai Bakar Al-Quran Saat Unjuk Rasa

Apa Itu Bioetanol

Bioetanol sendiri dihasilkan melalui teknik fermentasi biomassa seperti umbi-umbian, jagung atau tebu, dan dilanjutkan dengan destilasi. Jenis bioetanol ini dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung sebagai bahan bakar.

Biodiesel adalah minyak dari tumbuham atau hewan yang sudah dipakai sebagai alternatif atau digabung dnegan minyak solar untuk mobil dan armada industri dengan mesin diesel. Biodiesel menggunakan bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), minyak nyamplung, minyak jarak, minyak kelapa, Palm Fatty Acid Distillate (PFAD), dan minyak ikan. Bodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa modifikasi.

Itulah ulasan singkat penggunaan Bioetanol untuk BBM atau campuran bahan bakar yang sedang dipertimbangkan di Indonesia belakangan ini. Bagaimana menurut kamu.

Sumber:

UPDATE TERBARU