Saturday 27th of April 2024

Cara Uji Validitas R Tabel Product Moment dengan Contoh Soal Lengkap

×

Cara Uji Validitas R Tabel Product Moment dengan Contoh Soal Lengkap

--

Cara Menghitung R Tabel Product Moment dengan SPSS

Tabel R digunakan dalam rangka pengujian statistik, misalnya untuk pengujian validitas konstruk. Tabel R ini biasanya terdapat pada lampiran buku-buku statistika, namun demeikian, biasanya tidak setiap niali R untuk setiap derajat bebas yang dicantumlan. Oleh karenanya, kita sering kesulitan mennetukan nilai R tabel ketika derajat bebas yang diinginkan tidak tercantum dalam tabel tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, tabel R dapat dihitung dengan Program Microsoft Office Excel. Meskipun demikian, tabel R juga dapat di hitung dengan SPPS. Untuk menghitung nilai R tabel harus terlebih dahulu menghitung nilai T tabel. Hal ini karena nilai T tabel dihasilkan dari rumus sebagai berikut:

Rumus R Tabel :


r = t/ √df + √t2 

 

Keterangan:

r           = nilai R tabel

t           = nilai Ttabel

df         = derajat bebas

Berdasarkan rumus tersebut, maka pada SPSS dilakukan tahapan sebagai berikut:

  1. Buka program SPSS, kemudian buat variabel baru dengan nama misalnya nama variabelnya adalah df.
  2. Kemudian isikan nilai derajat bebas (df) pada variabel tersebut. Sesuai dengan keinginan Anda muali dari 1 sampau berapapun. Lihat contoh pada gamabrberikut, misalnya dari df 1 -5
  3. Setelah itu klik Transform kemudian Compute Variable. Akan muncul menu kotak Target Variable
  4. Isi kota target variable, isikan nama variabel untuk nilai t tabel yang di hitung. Misalnya dalam contoh diatas diberi nama t_0.05 (karena ingin menghitung T tabel dengan taraf signifikasi 5%)
  5. Pada kotak isian Numeric Expression : isikan rumus berikut : IDF.T (0.95, df)
  6. Pada rumus diatas, angka pertama dalam kurung sebelum tanda koma yaitu 0.95 adalah tingkat atau taraf keyakinan (level of condidence). Taraf keyakinan ini = 1 – alpha ini adalah tingkat atau taraf signifikansi =5% (0.05), maka di isi pada rumus tersebut 1 – 0.05 = 0.95.
  7. Selanjutnya pada rumus diatas, setelah tanda koma adalah nama variabel tempat penyimpanan nilai derajat bebas yang telah dituliskan sebelumnya. Karena nama variabel yang di buat sebelumnya adalah df, maka tulis df pada rumus tersebut.
  8. Setelah itu klik OK, maka akan muncul hasilnya, setelah mendapatkan nilai T tabel, skarang lanjutkan pada tahap berikutnya dengan kembali klik Transform kemudian Compute Variable. Akan muncul tampilan seperti pada tahapan 3. Tetapi sekarang pada kotak isian target variable untuk nilai R tabel yang akan di hitung. Misalnya sebagai contoh di beri nama R_0.05. selanjutnya pada kotak isian Numeric Expression isikan rumus berikut: t_0.05 / SQRT (df + t_0.05**2)
  9. Setelah itu klik OK, maka akan muncul hasilnya. Hasilnya memberikan nilai R tabel pada kolom di samping nilai T tabel. Selnjutnya, tahapan=tahapan yang dijelaskan sebelum ini pada dasarnya juga dapat dipersingkat dengan cara menggabungkan kedua rumus tersebut sehingga lebih praktis.

Baca juga: Arti Departed From Transit Adalah? Istilah Pengiriman Barang JNE Tentang Status Pengiriman Barang

Baca juga: Pengertian Komponen Pasif dan Aktif Elektronika Beserta Jenis-jenisnya Lengkap

Nah, dari penjelasn diatas dapat disimpulkan bahwa tabel R adalah suatu tabel dimana untuk menguji validitas instrumen penelitian. serta dalam menggunakan tabel R dapat dengan SPSS dengan cara yang telah dijelaskan di paparan sebelumnya. Semoga dapat dipahami dan dapat dimenegerti.

Terimakasih kepada pembaca yang sudah membaca dari awal hingga akhir materi mengenai R tabel uji validitas diatas. Semoga ilmunya bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU