Wednesday 17th of April 2024

Cara Uji Validitas R Tabel Product Moment dengan Contoh Soal Lengkap

×

Cara Uji Validitas R Tabel Product Moment dengan Contoh Soal Lengkap

--

ASCOMAXX.com - Tabel R adalah tabel yang ada hubungannya dengan tabel t, maka sebelum memperlajari tabel R maka pelajari terlebih dahulu tabel T. Siapa yang belum tahu apa itu tabel R? Jika Anda ingin menguji validitas instrumen penelitian, maka Anda dapat menggunakan tabel R.

Dalam artikel di bawah ini akan membahas mengenai tabel R, berikut paparan yang akan dibahs dibawah ini adalah pengertian tabel R, cara menghitung tabel R, cara membaca R tabel dan Menghitung R tabel dengan SPSS. Berikut paparannya di bawah ini:

Apa itu Tabel R Statistika?


Dilansir dari wikistatistika.com Tabel R adalah tabel yang akan digunakan untuk menguji hasil uji validitas instrumen penelitian. penulis akan menjelaskan terlebih dahulu tentang kriteria yangakan digunakan untuk pengujian tersebut, yaitu mengacu kepada (rumus df = n – 2) dengan tingkat signifikansi 5%.

Ketentuan hasil akhirnya adalah apabila r hitung lebih dari R tabel maka item pertanyaan dikatakan valid, dan sebaliknya jika r hitung kurang dari R tabel maka dikatakan item tidak valid atau r hitung didapatkan dari hasil pengujian dengan spss sedangkan R tabel didapatkan dari tabel R dengan langkah-langkah sesuai dengan artikel dibawah ini.

R tabel uji validitas yang akan di bahas pada kasus ini adalah validnya sebuah item pertanyaan dalam kuesioner dengan jumlah responden atau jumlah data sebanyak 30. Maka dari itu R tabel validitasi, sesuai dengan rumus yang akan kita gunakan df = n – 2 maka akan menjadi df = 30 – 2 = 28 (df = 28), yuk lihat tabel R pada gambar berikut ini (Sumber R tabel PDF ) : Lihat Tabel R

Baca juga: Daftar Tabel KUR BRI 2023 Beserta Besaran Angsuran Setiap Bulannya, Mulai Rp 30 Ribuan

Baca juga: 1 Ampere Berapa Watt? Berikut Cara Hitung Lengkap dengan Tabel Konversi Satuannya

Cara Mencari Nilai R tabel Product Moment

Berdasarkan kriteria dengan ketentuan atau degree of freedom yang sudah di dapat (df = 28, dengan sig 5%) dan dengan melihat tabel R seperti gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai R tabel adalah 0,3610. Silahkan lihat ilustrasinya pada gambar di bawah ini (perhatikan kotak dengan garis warna orange):

Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan sebanyak 30 sampel untuk mennetukan atau menguji hasil uji validitas instrumen pada penelitian. karena penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pendidikan, maka taraf signifikansi yang peulis gunakan adalah yang 5%.

Dari data tersebut dapat kit aperoleh berpa nilai R tabel yang harus kita gunakan untuk menguji hasil uji validitas pada instrumen df = 30 – 2 = 28.

Jika kita  melihat tabel, pada df atau N 28 dengan taraf signifikan sebesar 5% diperoleh nilai R tabel sebesar 0,374 sedangkan untuk taraf signifikan 1% diperoleh R tabel 0,478.

Selanjutnya, nilai R tabel yang telah kita ketahui ini digunakan sebegai landasan apakah butir-butir instrumen yang telah di buat sudah valid ataukah belum dengan melihat selisih antara nilai R hitung dengan R tabel.

Apabila nilai R hitung lebih besar dari pada nilai R tabel maka item pada instrumen soal tersebut dikatakan valid. Sedangkan apabila nilai Rhitung lebih kecil dari pada R tabel maka item pad instrumen soal tersebut dikatakan tidak valid.

Sumber:

UPDATE TERBARU