Friday 3rd of May 2024

Cara Belajar Main Calung Untuk Pemula, Alat Musik Tradisional yang Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Majapahit

×

Cara Belajar Main Calung Untuk Pemula, Alat Musik Tradisional yang Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Majapahit

--

ASCOMAXX.com – Ingin bermain alat musik calung tapi bingung bagaimana caranya? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara main calung yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Jawa Barat atau suku Sunda dikenal dengan ragam jenis kesenian tradisionalnya, salah satunya ialah alat musik tradisional calung. Calung adalah alat musik kesenian tradisional yang menjadi simbol budaya bagi masyarakat Sunda.


Baca juga: Cara Mengganti Kapasitor Pompa Air yang Rusak, Permudah Starting Mesin Otomatis

Baca juga: Cara Mengatasi Sinusitis Mudah Cukup Dilakukan di Rumah, Dijamin Akan Mereda!

Baca juga: Mind Mapping Aesthetic Tulis Tangan di Pinterest, Ikuti Cara Buatnya yang Kreatif!

Calung merupakan waditra jenis alat pukul yang terbuat dari bahan bambu. Pada mulanya waditra ini adalah seni kalangenan (bersifat hobi), namun pada perkembangannya Calung telah menjadi seni pertunjukkan yang populer. Calung sendiri terbuat dari bahan bambu.

Untuk menambah informasi, calung ternyata bukanlah alat musik yang baru. Sejarahnya mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Alat musik ini sudah ada sejak masa kerajaan Majapahit di Jawa. Pada awalnya, calung dimainkan secara kolaboratif oleh pemain calung yang terdiri dari beberapa orang.

Setelah zaman berubah, calung berkembang menjadi alat musik soliter yang dimainkan oleh seorang pemain. Pada perkembangannya, calung juga mengalami improvisasi baik dalam bentuk fisik maupun dalam teknik memainkannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU