Friday 3rd of May 2024

Mengenal Suling Dangdut: Sejarah, Fungsi, Kunci, dan Cara Bermainnya yang Wajib Kamu Tahu

×

Mengenal Suling Dangdut: Sejarah, Fungsi, Kunci, dan Cara Bermainnya yang Wajib Kamu Tahu

--

ASCOMAXX.com – Siapa sih yang tak kenal dengan dangdut? Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai suling dangdut yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia sangatlah kaya dengan keragaman seni budaya tradisionalnya, tiap wilayah mempunyai seni tradisi yang berbeda beda, termasuk juga keragaman alat musik tradisional khas dan unik dipunyai tiap wilayah di Indonesia.


Baca juga: Cara Memainkan Suling Dangdut Yang Gampang Buat Pemula, Hapalkan Kunci Ini Dulu

Baca juga: Lirik Lagu Dhaffa Balanipa - Lagu Dangdut Lengkap Dengan Link Download Audio Mp3 Gratis

Baca juga: Lirik Hutang (Pok Amai Amai Belalang Kupu Kupu) - Yeni Inka, Lagu Dangdut Populer

Dalam seni musik sendiri, harus terdapat alat musik yang dimainkan. Alat musik adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Hingga saat ini alat musik tradisional masih digunakan sebagai ciri khas daerah di Indonesia.

Alat Musik Suling

Suling berasal dari daerah Jawa Barat. Instrumen musik yang terbuat dari bahan bambu ini tergolong ke dalam jenis instrumen musik tiup atau biasa dikenal sebagai aerophone.

Ciri khas sebuah suling adalah adanya lubang kecil pada bagian tubuhnya yang berfungsi sebagai tempat mengatur nada yang diinginkan oleh pemainnya.
Suara yang dihasilkan dari alat musik bambu ini mirip dengan siulan yang kasar dan melengking. Suara yang dihasilkan tersebut berasal dari udara yang ditiupkan melalui ujung dari instrumen musik ini.

Udara tersebut kemudian akan mengalir dan membentur dinding suling yang berfungsi sebagai resonator untuk menghasilkan suara dengan nada yang sesuai.

Sumber:

UPDATE TERBARU