Saturday 11th of May 2024

Arti dan Makna Aksara Jawa Hanacaraka Dibalik, Disebut-Sebut Punya Kekuatan Mistis di Luar Nalar

×

Arti dan Makna Aksara Jawa Hanacaraka Dibalik, Disebut-Sebut Punya Kekuatan Mistis di Luar Nalar

--

Makna Aksara Jawa Hanacaraka

Ha-Na-Ca-Ra-Ka

Berarti ada “utusan” yakni utusan hidup, berupa napas yang berkewajiban menyatukan jiwa dengan jasad manusia. Maksudnya ada yang mempercayakan, ada yang dipercaya dan ada yang dipercaya untuk bekerja. Ketiga unsur itu adalah Tuhan, manusia dan kewajiban manusia (sebagai ciptaan).


Da-Ta-Sa-Wa-La

Berarti manusia setelah diciptakan sampai dengan “data(saatnya dipanggil)” tidak boleh “sawala (mengelak)”, karena manusia dengan segala atributnya harus bersedia melaksanakan, menerima dan menjalankan kehendak Tuhan.

Baca juga: Belajar Pasangan Aksara Jawa, Berikut Fungsi dan Cara Penulisannya yang Baik dan Benar

Baca juga: Contoh Sandhangan Swara dan Bunyinya, Mengenal Huruf Vokal Aksara Jawa

Pa-Dha-Ja-Ya-Nya

Berarti menyatunya Dzat pemberi hidup (Ilahi) dengan yang diberi hidup (makhluk). Maksudnya “padha(sama atau sesuai, jumbuh, cocok, tunggal batin)” yang tercermin dalam perbuatan berdasarkan keluhuran dan keutamaan. Lalu “jaya” itu menang, unggul secara sungguh-sungguh dan bukan menang-menangan atau sekedar menang atau menang tidak sportif.

Ma-Ga-Ba-Tha-Nga

Berarti menerima segala yang diperintahkan dan yang dilarang oleh Sang Hyang Tunggal(Tuhan Yang Maha Esa). Maksudnya manusia harus sumarah (pasrah, berserah diri) pada garis kodrat, meskipun manusia diberi hak untuk mewiradat, berusaha untuk menanggulanginya.

Itu dia informasi sekilas yang dapat kami sampaikan mengenai arti dan makna aksara jawa hanacaraka dibalik. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU