Friday 17th of May 2024

Arti Hareudang Kata-Kata Bahasa Sunda Gaul yang Sempat Viral Jadi Sounds TikTok, Begini Bahasa Indonesianya

×

Arti Hareudang Kata-Kata Bahasa Sunda Gaul yang Sempat Viral Jadi Sounds TikTok, Begini Bahasa Indonesianya

--

Bahasa Sunda merupakan sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini umumnya dituturkan oleh penduduk bersuku Sunda di wilayah bagian barat pulau Jawa. Kini, bahasa Sunda menjadi pelajaran wajib yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan anak didik untuk berbahasa.

Bagi pengguna aplikasi TikTok kata hareudang pasti sudah tidak asing lagi. Kata ini sering terdengar dalam potongan lagu yang kerap dijadikan musik latar belakang video TikTok yang bunyinya “hareudang hareudang hareudang, panas panas panas.”

Arti Hareudang Kata-Kata Bahasa Sunda Gaul


Hareudang berasal dari bahasa Sunda, yang artinya gerah. Umumnya, kata hareudang digunakan untuk mengekspresikan suasana yang panas.

Masyarakat rang Sunda sering mengungkapkan kata hareudang apabila suhu cuaca terasa menyengat dan menyebabkan tubuh kepanasan hingga berkeringat.

Baca juga: Kumpulan Peribahasa Sunda Berikut Terjemahannya, Menyentuh Lubuk Hati Terdalam

Baca juga: Contoh Kalimat aksara ngantet bahasa Sunda lengkap dengan cara penggunaan sehari-hari

Baca juga: Contoh Karya Seni Aplikasi Dari Kain Flanel yang Simple dan Menarik Mulai Dari Tas, Tempat Pensil, Hingga Boneka

Kata-kata Bahasa Sunda Gaul Lainnya

  1. Naon

Dalam bahasa Indonesia, kata naon memiliki arti 'apa'. Penggunaan kata naon sama seperti 'apa' sebagai kata tanya.

  1. Aing

Aing memiliki arti 'aku'. Dalam bahasa sunda kata tersebut tergolong bahasa yang kasar. Tetapi di kalangan anak muda, kata aing sudah biasa digunakan.

  1. Maneh

Maneh artinya 'kamu'. Kate maneh juga tergolong kata yang kasar sehingga lebih banyak digunakan kalangan anak muda atau orang-orang terdekat.

  1. Atuh

Kata atuh dalam bahasa Sunda tidak mempunyai makna yang berarti. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata atuh artinya sama seperti 'dong'.

  1. Ceunah

Ceunah jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah 'katanya'. Kata ini sangat populer di media sosial, khususnya Twitter dan Instagram.

Mudah bukan? Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai arti dari hareudang bahasa sunda. Semoga bisa membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU