Sunday 19th of May 2024

Sejarah Pondok Pesantren An Nur Bantul, Telah Berdiri Sejak Tahun 1960 Masehi

×

Sejarah Pondok Pesantren An Nur Bantul, Telah Berdiri Sejak Tahun 1960 Masehi

--

Meskipun Beliau dan keluarga hanya menempati sebuah rumah yang berukuran 7×5 m milik Al Marhum Bapak KH. Abdul Aziz, Beliau tetap semangat dan Ikhlas dalam mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat, sehingga dalam waktu yang singkat Beliau telah mampu menarik hati masyarakat.

Baca juga: Wallpaper Gambar Kartun Muslimah Terbaru 2023, Gemas Sekali Pilihannya


Baca juga: Manfaat Mengucapkan Kaifa Haluk Kepada Sesama Muslim, Ciptakan Suasana Hangat dan Harmonis

Baca juga: Jadwal Sholawat Gus Azmi (Syubbanul Muslimin) Bulan Juli Tahun 2023, Datang Paling Awal Agar Dapat Tempat Paling Depan!

Pada tahun tersebut, Beliau mulai merintis pengajian-pengajian baik yang bersifat kuliah umum, sorogan, bandungan maupun klasikal.

Pengajian/Kuliah umum diselenggarakan setiap senin malam yang sampai saat ini masih berjalan dan dikenal dengan sebutan pengajian “malam selasan” dan setiap jumat pagi. Sedangkan setiap subuh diadakan pengajian dengan sistim sorogan dan klasikal dengan materi Al Qur’an.

Sedangkan pada malam hari berlangsung kegiatan belajar di Madrasah Diniyah yang dulu bernama Madrasah Lailiyah Salafiyah An Nur yang sejak tahun 1976 pengelolaannya diserahkan kepada Bapak KH. Khudlori Abdul Aziz, santri Beliau yang merupakan putra asli Dusun Ngrukem.

Seiring dengan bergeraknya waktu, santri yang datang juga semakin banyak sehingga sangatlah perlu untuk membangun asrama bagi semua santri yang ada. Maka dengan segenap kemampuan yang dimiliki, dan atas dukungan dari masyarakat yang dipelopori oleh Al Marhum bapak KH. Anwar, dibangunlah asrama pondok Pesantren An Nur dengan beberapa lokal.

Sumber:

UPDATE TERBARU