Thursday 9th of May 2024

Penyebab Banjir di Indonesia Ternyata adalah Perubahan Iklim Global, Begini Penjelasan Para Ahli

×

Penyebab Banjir di Indonesia Ternyata adalah Perubahan Iklim Global, Begini Penjelasan Para Ahli

--

Perubahan Iklim Global Sebabkan Banjir di Indonesia

Dilansir dari makalah studi baru yang terbit di jurnal Science Advances pada 4 Januari 2023. Tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh para peneliti dari Brown University membandingkan 10.000 tahun kondisi iklim masa lalu yang direkonstruksi dari kumpulan catatan geologi yang berbeda dengan simulasi dari model iklim tingkat lanjut.

Melalui studi ini terlihat sekitar 18.000 hingga 15.000 tahun lalu, sebagai akibat dari pencairan air tawar dari gletser besar yang pernah menutupi sebagian besar Amerika Utara yang mengalir ke Atlantik Utara, arus laut yang membuat Samudra Atlantik tetap hangat jadi melemah. Hal ini memicu rangkaian peristiwa ekstrem. sebagai respons atas kondisi baru itu.


Para peneliti mengatakan temuan itu dapat membantu para ilmuwan tidak hanya lebih memahami mekanisme di balik dipol timur-barat di Samudra Hindia. Namun, mereka meyakini, suatu hari nanti ini dapat membantu menghasilkan prakiraan kekeringan dan banjir yang lebih efektif di wilayah tersebut.

Baca juga: Bendungan Bener Digadang-Gadang jadi Solusi Permasalahan Banjir di Purworejo

Baca juga: Apa itu Modifikasi Cuaca? Bisa Cegah Banjir dan Hujan Badai di Jakarta, Begini Penjelasannya

Baca juga: Aplikasi Interesting mall Penghasil Uang Apakah Sama dengan Judi? Cek Faktanya Berikut ini

"Kita tahu bahwa saat ini gradien suhu Samudra Hindia penting untuk pola curah hujan dan kekeringan, terutama di Afrika Timur, tetapi sulit untuk menunjukkan bahwa gradien tersebut berubah dalam skala waktu yang lama dan menghubungkannya dengan curah hujan jangka panjang dan pola kekeringan di kedua sisi Samudra Hindia," kata James Russell, penulis studi ini dan profesor ilmu bumi, lingkungan, dan planet di Brown University.

Yang mana pencairan gletser kuno berdampak pada dipol Samudra Hindia dan sistem transportasi panas Samudra Atlantik dapat memberikan wawasan kunci ke perubahan masa depan. Sebab, perubahan iklim sedang dan akan menyebabkan lebih banyak pencairan.

"Greenland saat ini mencair begitu cepat sehingga mengeluarkan banyak air tawar ke Samudra Atlantik Utara dengan cara yang berdampak pada sirkulasi laut," kata Russell.

Itulah informasi mengenai perubahan iklim penyebab banjir di Indonesia yang dapat kami sampaikan. Namun sebagai warga negara yang baik mari kita turut menjaga lingkungan dengan senantiasa merawatnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU