Monday 20th of May 2024

Perubahan Iklim Sebabkan Banjir di Indonesia Akibat Mencairnya Lapisan Es di Greenland, Begini Prosesnya

×

Perubahan Iklim Sebabkan Banjir di Indonesia Akibat Mencairnya Lapisan Es di Greenland, Begini Prosesnya

--

ASCOMAXX.com - Mencairnya gletser Greenland sebagai akibat pemanasan global dari perubahan iklim mulai menunjukkan dampaknya sampai di khatulistiwa dengan adanya banjir di beberapa daerah. Kok bisa? Mari simak penjelasan para ahli di sini. Jangan skip, ya!

Para peneliti mengungkap salah satu dampak dari perubahan iklim tak cuma pemanasan global namun, peristiwa ini juga dapat menyebabkan banjir parah seperti yang mendera beberapa wilayah di Indonesia.


Pada bulan Oktober, misalnya, hujan lebat menyebabkan banjir dan tanah longsor di Pulau Jawa dan Sulawesi di Indonesia. Sebaliknya, Etiopia, Kenya, dan Somalia mengalami kekeringan hebat mulai tahun 2020 yang mengancam menyebabkan kelaparan.

Baca juga: Arti Fata Mare Adalah? Bahasa Gaul Viral TikTok, Ternyata Bukan Berasal dari Istilah Indonesia

Baca juga: Kenampakan Alam yang Digambarkan dengan Simbol Area Adalah?

Baca juga: Tusun Adalah? Istilah yang Sering Digunakan dalam Game FF, Pro Player Harus Tau

Melalui makalah studi baru yang terbit di jurnal Science Advances pada 4 Januari 2023. Tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh para peneliti dari Brown University membandingkan 10.000 tahun kondisi iklim masa lalu yang direkonstruksi dari kumpulan catatan geologi yang berbeda dengan simulasi dari model iklim tingkat lanjut.

Melalui studi ini terlihat sekitar 18.000 hingga 15.000 tahun lalu, sebagai akibat dari pencairan air tawar dari gletser besar yang pernah menutupi sebagian besar Amerika Utara yang mengalir ke Atlantik Utara, arus laut yang membuat Samudra Atlantik tetap hangat jadi melemah. Hal ini memicu rangkaian peristiwa ekstrem. sebagai respons atas kondisi baru itu.

Sumber:

UPDATE TERBARU