Sunday 19th of May 2024

Sifat-sifat dan Cara Baca Makhorijul Huruf, Berlawanan dan Tak Berlawanan

×

Sifat-sifat dan Cara Baca Makhorijul Huruf, Berlawanan dan Tak Berlawanan

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas mengenai makhorijul huruf. Mari simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini.

Membaca Al-Qur'an memang memberikan banyak pahala serta keutamaan yang besar bagi seseorang. Namun, dalam membaca Al-Qur'an, kita tidak bisa asal. Ada hukum bacaan yang harus dilaksanakan yang disebut dengan tajwid. Selain itu kita juga harus memperhatikan makhorijul huruf. Apa yang dimaksud dengan makhorijul huruf?


Baca juga: Mengenal Makhorijul Huruf: Pengertian, Jenis-jenis, dan Cara Bacanya

Baca juga: 3 Alasan Al Qur'an Disebut Sebagai Kitab yang Bersifat Universal, Jadi Penyempurna Kitab-kitab Sebelumnya

Baca juga: Mengapa Al Qur'an Disebut Sebagai Kitab yang Bersifat Universal? Mecakup Semua Hal yang Ada di Alam Semesta

Mengenal Apa Itu Makhorijul Huruf

Makharij al-Huruf (مخارج الحروف) adalah konsep dalam ilmu tajwid dalam agama Islam yang mengacu pada tempat keluarnya huruf-huruf arab dalam pengucapan yang benar. Pengucapan yang tepat dari huruf-huruf ini sangat penting dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Dalam ilmu tajwid, ada beberapa tempat keluarnya huruf yang harus dipahami oleh seorang yang ingin membaca Al-Quran dengan baik.

Berikut adalah beberapa contoh dari beberapa tempat keluarnya huruf dalam Makharij al-Huruf:

1. Al-Jawf (الجوف)

Tempat keluarnya huruf-huruf yang berasal dari dalam mulut atau tenggorokan. Contohnya adalah huruf "ا" (alif) dan "هـ" (ha).

2. Ash-Shafatain (الشفتين)

Tempat keluarnya huruf-huruf yang melibatkan bibir atas dan bibir bawah. Contohnya adalah huruf "ب" (ba), "ف" (fa), dan "و" (waw).

Sumber:

UPDATE TERBARU