Friday 17th of May 2024

Download Kumpulan Soal Program Linear Matematika, Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasannya

×

Download Kumpulan Soal Program Linear Matematika, Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasannya

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas mengenai salah satu materi dalam pelajaran matematika yakni Program Linear. Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini ya.

Pelajaran matematika sering kali mendapat reputasi sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit. Akan tetapi jika kita menemukan cara belajar yang menyenangkan maka pelajaran matematika pun akan terlihat mudah dan menyenangkan.


Salah satunya adalah materi tentang Program Linear, mari simak sekilas pembahasannya berikut ini.

Materi Program Linear

Program linear (Linear Programming, LP) adalah sebuah metode matematis yang digunakan untuk menemukan solusi optimal dari masalah optimisasi di mana terdapat sejumlah variabel dan batasan linear. Tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan atau meminimalkan suatu fungsi objektif linier di bawah sejumlah batasan linier.

Baca juga: Materi Program Linear: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

Baca juga: Contoh Soal Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD), Jawaban dan Pembahasan

Baca juga: Contoh Soal Integral Riemann Disertai dengan Jawaban dan Pembahasan Lengkap

Konsep Dasar:

  1. Variabel Keputusan: Program linear melibatkan variabel-variabel yang ingin dioptimasi, biasanya dilambangkan dengan x1, x2, x3, ..., xn.

  2. Fungsi Objektif: Ini adalah fungsi matematis yang ingin dimaksimalkan atau diminimalkan. Fungsi objektif adalah fungsi linier dari variabel-variabel keputusan, misalnya Z = c1x1 + c2x2 + ... + cnxn.

  3. Batasan: Program linear memiliki sejumlah batasan yang harus dipatuhi oleh variabel-variabel keputusan. Batasan-batasan ini dinyatakan dalam bentuk persamaan atau pertidaksamaan linier, seperti a1x1 + a2x2 + ... + anx ≤ b.

Sumber:

UPDATE TERBARU