Thursday 16th of May 2024

Adigang Adigung Adiguna Aksara Jawa, Masuk Bagian Purwakanthi dan Peribahasa

×

Adigang Adigung Adiguna Aksara Jawa, Masuk Bagian Purwakanthi dan Peribahasa

--

Adigang Adigung Adiguna

Adigang adigung adiguna kalebu purwakanthi guru swara artinya adigang adigung adiguna termasuk purwakanthi guru swara. Purwakanthi guru swara memiliki persamaan bunyi atau rima yang huruf vokalnya sama. 

Dadi manungsa kuwi aja nduweni watak adigang adigung adiguna.” Perkataan nasihat ini sering sekali orang tua atau kerabat kita sampaikan. Mereka berharap agar putra-putrinya tidak mempunyai sifat yang buruk seperti peribahasa adigang adigung adiguna dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dipikir-pikir semua orang tua pasti menginginkan anaknya mempunyai budi pekerti yang baik. Maknanya dapat dipahami sebagai berikut.

  • Adigang adalah sifat atau watak yang membanggakan kekuatannya ( kekuatan tubuh atau badan), digambarkan dengan hewan kijang.
  • Adigung  adalah sifat atau watak yang membanggakan kekuatan, kebesaran, pangkat dan keturunan. Watak ini digambarkan dengan hewan gajah.
  • Adiguna adalah sifat atau watak yang membanggakan kecerdasan atau kepandaian. Watak adiguna digambarkan dengan hewan ular.

Baca juga: Bocoran Exo's Ladder Season 4 Episode 5, Para Member Dapatkan Misi di Kegelapan

Baca juga: Spoiler Manhwa Divorcing My Tyrant Husband Chapter 56 dan Jadwal Rilis Season 2: Hiatus Karena Masalah Kesehatan Author

Baca juga: Baca Manhwa Forbidden Odd Melody Full Chapter Bahasa Indonesia, Kisah Cinta Romance Bertema Beast

Dalam penulisannya dalam aksara Jawa dapat ditulis seperti berikut.

ꦲꦢꦶꦒꦁꦲꦢꦶꦒꦸꦁꦲꦢꦶꦒꦸꦤ

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai paparan informasi tentang adigang adigung adiguna tegese. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU