Tuesday 21st of May 2024

Adigang Adigung Adiguna Tegese Apa? Bagian Dari Peribahasa Jawa yang Syarat Makna

×

Adigang Adigung Adiguna Tegese Apa? Bagian Dari Peribahasa Jawa yang Syarat Makna

--

Pengertian Peribahasa Jawa

Menurut S. Prawiroatmojo, peribahasa Jawa sendiri didefinisikan sebagai perumpamaan, ungkapan, atau semacam pepatah, akan tetapi tidak menggunakan arti sesungguhnya. Perumpamaan, ungkapan, dan pepatah dalam istilah bahasa Jawa dinamakan paribasan, bebasan, maupun Ian saloka.

Peribahasa Jawa sendiri merupakan kelompok kata atau kalimat yang memiliki susunan tetap dan mengiaskan maksud tertentu, atau satu di antara dari sekian banyak karya sastra yang berkembang di tengah masyarakat Jawa, yang mengandung kata-kata bijak dan nilai positif di dalamnya.

Arti Peribahasa Jawa Adigang Adigung Adiguna


Dadi manungsa kuwi aja nduweni watak adigang adigung adiguna.” Perkataan nasihat ini sering sekali orang tua atau kerabat kita sampaikan. Mereka berharap agar putra-putrinya tidak mempunyai sifat yang buruk seperti peribahasa adigang adigung adiguna dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dipikir-pikir semua orang tua pasti menginginkan anaknya mempunyai budi pekerti yang baik.

Adigang tegese sifat kang ngendelake kekuwataning awak (raga). Adigang digambarake kaya kidang,  amarga tandang tanduke cukat lan trengginas. Adigung tegese sifat kang ngendelake kekuasaan, keluhuran moyang, pangkat, drajat, keturunan kraton. Watak iki digambarake kaya gajah. Awake gedhe, padudon akeh menange lan ora ana sing madhani awake. Dene Adiguna yaiku sifat kang ngandelake kapinteran, kecerdasan lan akal. Sifat iki digambarake kaya kewan ula. Ula iku kewan kang sawangane ringkih, nanging wisane bahaya.

Baca juga: Link Nonton Exo's Ladder Season 4 Episode 5-6 Sub Indo, Malam Penuh Warna di Tongyeong

Baca juga: Spoiler Manhwa One Night Only Chapter 42, Heeyoun Hanya Butuh Snack dan Kopi!

Baca juga: Sinopsis Manhwa Forbidden Odd Melody, Kisah Cinta Antara Harimau dan Rubah Merah

Kalimat di atas berarti:

  • Adigang adalah sifat atau watak yang membanggakan kekuatannya ( kekuatan tubuh atau badan), digambarkan dengan hewan kijang.
  • Adigung  adalah sifat atau watak yang membanggakan kekuatan, kebesaran, pangkat dan keturunan. Watak ini digambarkan dengan hewan gajah.
  • Adiguna adalah sifat atau watak yang membanggakan kecerdasan atau kepandaian. Watak adiguna digambarkan dengan hewan ular.

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai makna dari adigang adigung adiguna tegese. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU