Tuesday 7th of May 2024

Arti Peribahasa Jawa Gecul Kumpul, Bandhol Ngrompol, Menggambarkan Kehidupan Orang yang Jahat

×

Arti Peribahasa Jawa Gecul Kumpul, Bandhol Ngrompol, Menggambarkan Kehidupan Orang yang Jahat

--

ASCOMAXX.com - Peribahasa Jawa termasuk tradisi jawa yang mengandung nasihat yang sarat akan makna. Salah satu peribahasa Jawa yaitu istilah Gecul Kumpul, Bandhol Ngrompol. Apa sih kira-kira makna dan arti dari peribahasa tersebut? simak ulasannya berikut ini.

Mempelajari budaya sesepuh sudah menjadi kewajiban bagi kita, supaya tidak tergerus oleh zaman dan melestarikannya. Tradisi lahir dari interaksi antar manusia yang kemudian menyepakati mengenai moralitas, tata krama, dan tingkah laku manusia pada lingkungan tersebut. Maka, sudah selayaknya kita mawas diri dan memegang teguh paribasan yang sudah dicetuskan sesepuh kita.


Baca juga: Daftar SMK Negeri di Kabupaten Malang, Alamat Hingga Jurusan dan Akreditasinya Bisa Dicek di Sini!

Baca juga: Bunyi Pasal 292 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata), Penjelasan Tentang Pelecehan Seksual Sesama Jenis

Baca juga: Daftar SMK Negeri & Swasta di Kabupaten Tulungagung, Lengkap dengan Alamat Sekolahan

Menurut S. Prawiroatmojo, peribahasa Jawa sendiri didefinisikan sebagai perumpamaan, ungkapan, atau semacam pepatah, akan tetapi tidak menggunakan arti sesungguhnya. Perumpamaan, ungkapan, dan pepatah dalam istilah bahasa Jawa dinamakan paribasan, bebasan, maupun Ian saloka.

Sumber:

UPDATE TERBARU