Sunday 19th of May 2024

Banser Muhammadiyah Disebut Apa? Berikut Sejarah Singkat Terbentuknya Kokam: Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah

×

Banser Muhammadiyah Disebut Apa? Berikut Sejarah Singkat Terbentuknya Kokam: Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai banser muhammadiyah. Pertanyaan mengenai apakah Muhammadiyah juga memiliki banser? itu sangat banyak kita temui. Pasalnya biasanya kita mengetahui bahwa banser selalu identik dengan NU atau Nahdlatul Ulama. Lalu apakah Muhammadiyah memiliki banser? Mari kita simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini.

BANSER (Barisan Ansor Serbaguna) merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang menjaga atau mengabdikan dirinya pada Nahdlatul Ulama, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dibentuk dengan tujuan mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, BANSER memiliki peran penting dalam mengembangkan pemuda yang berakhlak, bertanggung jawab, serta siap berkontribusi untuk kepentingan masyarakat dan bangsa.


Lalu apakah Muhammadiyah juga memiliki banser? Tentu. Muhammadiyah juga memiliki barisan yang bertujuan untuk menjaga dan mengabdikan diri Muhammadiyah yang disebut dengan Kokam yang memiliki kepanjangan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah.

Baca juga: Makna Lagu Ansor Banser Beraksi, Menggambarkan Toleransi dan Semangat Pemuda yang Membara

Baca juga: Download Lagu Ansor Banser Beraksi Disertai dengan Lirik, MP3 MP4 Lengkap

Baca juga: Lirik Ansor Banser Beraksi, Sebagai Pembangkit Semangat Membela NKRI

Kokam Muhammadiyah

Organisasi kepemudaan memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter, kepemimpinan, dan kontribusi generasi muda terhadap masyarakat dan negara. Salah satu organisasi kepemudaan yang berperan dalam konteks Indonesia adalah KOKAM Muhammadiyah.

Pada tanggal 1 September 1965, Muhammadiyah mengadakan kursus bagi pemuda-pemudanya dengan Kursus Kader Takari Pemuda Muhammadiyah di Jakarta.

Dari situlah tokoh - tokoh Muhammadiyah langsung mendeklarasikan terbentuknya KOKAM atau Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah.

Atas usul pimpinan dan disambut dengan suara bulat oleh peserta kursus untuk membentuk Kesatuan Perjuangan di dalam Muhammadiyah Jakarta Raya dengan nama Komando Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Muhammadiyah yang disingkat KOKAM. Tepat jam 21.30 tanggal 01 Oktober 1965 diproklamirkan berdirinya KOKAM.

Sumber:

UPDATE TERBARU