Saturday 1st of June 2024

Cara Agar WiFi Tidak Bisa di Scan Barcode, Jangan Sampai Ada yang Membobol!

×

Cara Agar WiFi Tidak Bisa di Scan Barcode, Jangan Sampai Ada yang Membobol!

--

Dilansir dari berbagai sumber, WiFi merupakan sebuah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi. Adapun gelombang radio yang digunakan yaitu dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz.

Namun terkadang, beberapa WiFi ada yang disembunyikan sehingga sulit untuk connect. Lantas, bagaimanakah cara mengatasinya?

Cara WiFi Tidak Bisa Discan Barcode


Berikut ini kami akan berikan beberapa cara untuk melindungi WiFi agar tidak dibobol.

Cara Pertama: Merubah Nama SSID Wifi

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat wifi tidak bisa di scan oleh barcode adalah dengan mengubah nama SSID wifi kita. SSID adalah singkatan dari Service Set Identifier, yaitu nama jaringan wifi kita. Dalam mengubah nama SSID, kita dapat menggunakan karakter yang sulit ditebak oleh orang lain.

Cara Kedua: Mengaktifkan Fitur WPS

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan fitur WPS pada router wifi kita. WPS atau Wifi Protected Setup adalah fitur yang dapat digunakan untuk mengamankan jaringan wifi kita. Dengan mengaktifkan WPS, kita dapat membuat kode PIN yang sulit ditebak oleh orang lain.

Cara Ketiga: Mengaktifkan Filter MAC Address

Cara ketiga adalah dengan mengaktifkan filter MAC Address pada router wifi kita. MAC Address adalah kode unik yang diberikan pada setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi kita. Dalam mengaktifkan filter MAC Address, kita dapat memilih perangkat mana saja yang dapat terhubung dengan jaringan wifi kita.

Baca juga: Jawaban Soal Kemasan yang Bagus adalah Kemasan yang Memiliki Tiga Bagian Yaitu, Ini Pembahasannya

Baca juga: Kenapa Save Video Instagram Tidak Ada Suaranya? Ternyata Ini Penyebabnya

Baca juga: Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

Cara Keempat: Menonaktifkan Fitur SSID Broadcast

Cara keempat adalah dengan menonaktifkan fitur SSID Broadcast pada router wifi kita. SSID Broadcast adalah fitur yang digunakan untuk menampilkan nama jaringan wifi kita pada daftar jaringan yang tersedia di sekitar kita. Dengan menonaktifkan fitur ini, jaringan wifi kita tidak akan muncul di daftar jaringan yang tersedia di sekitar kita.

Cara Kelima: Mengubah Password Wifi

Cara kelima adalah dengan mengubah password wifi kita secara berkala. Dalam mengubah password wifi, kita dapat menggunakan kombinasi karakter yang sulit ditebak oleh orang lain.

Nah, itu dia cara mudah agar wifi tidak bisa di scan barcode. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU