Saturday 18th of May 2024

Macam-macam Jaringan Komputer, Mulai Cakupan Lokal Hingga Luas!

×

Macam-macam Jaringan Komputer, Mulai Cakupan Lokal Hingga Luas!

--

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berfungsi menghubungkan perangkat dalam jarak yang terbatas. Ini merupakan varian jaringan umum yang ditemui, seperti di lingkungan sekolah, kantor, atau rumah.


Beberapa penerapannya melibatkan token ring dan teknologi ethernet. LAN juga mendukung konektivitas nirkabel dengan teknologi WiFi yang lebih dikenal sebagai WLAN (Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN mirip dengan MAN, tetapi dengan cakupan terbatas pada wilayah kampus atau akademis. Digunakan untuk kegiatan praktik laboratorium, email, pembaruan kelas, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Sapo Pantas, Website Edukasi TIK Buat Para Siswa Belajar Ilmu Komputer

Baca juga: Download Soal Tes Komputer Excel Perangkat Desa Terbaru 2023 Gratis, Dilengkapi dengan Penjelasan Rumusnya

Baca juga: Cara Hack WiFi ZTE Melalui Hp dan Komputer, Mudah dan Cepat Bisa Langsung Internetan Gratis

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN menghubungkan perangkat dalam kawasan kota yang sama. Lebih besar daripada LAN, jaringan ini mengakomodasi jarak yang lebih luas dalam satu kawasan perkotaan.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, dan Frame Relay untuk mengatasi jarak yang lebih besar.

6. Internet

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Merangkum hampir seluruh penjuru dunia, internet memungkinkan akses ke berbagai sumber informasi melalui berbagai perangkat seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai macam-macam jaringan komputer yang bisa kalian pelajari. Sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan berguna dalam pembelajaran.

Sumber:

UPDATE TERBARU