Thursday 13th of June 2024

Cara Memindahkan Data Absen Pada Mesin Finger Print Ke Komputer, Cukup Instal Perangkat Ini

×

Cara Memindahkan Data Absen Pada Mesin Finger Print Ke Komputer, Cukup Instal Perangkat Ini

--

Kelebihan Mesin Absen Finger Print

1. Menghindari Kecurangan Titip Absen

Sidik jari adalah identitas unik yang tidak bisa dipalsukan seperti tanda tangan. Akibatnya, penggunaan mesin absen finger print bisa meminimalkan risiko kecurangan.


2. Meningkatkan Kedisiplinan

Karyawan bisa menjadi lebih bijak untuk menggunakan waktunya karena keterlambatan atau bolos akan lebih mudah terekam, pun kalau ingin mengelabui sistem juga sulit.

3. Proses HR jadi lebih cepat degnan software HR Terautomasi Mekari Talenta.

Untuk bisa menikmati kelebihan dan manfaat fingerprint di kantor maka data kehadiran yang ada harus ditarik untuk diolah dengan komputer.

Baca juga: Letak Nomor Rangka dan Mesin Mitsubishi Canter Berada di Mana?

Baca juga: Dimana Letak Nomor Rangka Dan Mesin Mitsubishi Canter? Ini Dia Jawabannya!

Baca juga: Ukuran Oli Shock Depan Vixion Old Semua Tipe yang Wajib Kamu Tahu Biar Mesin Tetap Lancar

Cara Memindahkan Data Absen Pada Mesin Finger Print Ke Komputer

1. Mengunduh Aplikasi Attendance Management

Aplikasi Attendance Management dan aplikasi semacamnya berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan komputer. Beberapa mesin menyediakan CD berisi instalan aplikasi yang dapat langsung dipasang. Jika tidak ada, aplikasi bisa didapatkan dan dipasang secara manual sesuai petunjuk dari internet.

2. Menghubungkan Mesin Absen dengan Aplikasi Attendance Management

Penghubungan ini terjadi secara online sehingga kedua perangkat baik komputer maupun mesin absen harus terhubung pada jaringan internet. Setelahnya lakukan pelacakan perangkat mesin pada komputer dan sebaliknya sampai kedua perangkat menemukan IP satu sama lain. Jika alamat IP sudah ditemukan maka koneksi baru bisa dilakukan.

3. Unduh Data dari Aplikasi

Lakukan pengunduhan dengan memilih opsi ‘Download User Info and FB’ lalu pilih lagi ‘All User’. Selain User Info, info sidik jari juga bisa diunduh melalui opsi ‘User in Device’. Setelah melakukan langkah diatas, data akan terunduh ke dalam penyimpanan aplikasi, namun belum ke penyimpanan komputer. Karenanya perlu dilakukan beberapa langkah lanjutan.

4. Import Data dari Aplikasi Menggunakan USB

Pada opsi ‘Import Data Transaksi’ akan ada opsi lanjutan. Karena perangkat yang digunakan adalah USB maka opsi yang dipilih adalah ‘Import dari USB Disk’.

5. Pindahkan Data dari USB ke Komputer

Masukkan data kedalam folder dimana data akan aman dan tidak akan hilang. Data juga harus dipastikan keamanannya karena memiliki info yang sangat privasi yaitu sidik jari.

Setelah dipindahkan kedalam folder yang diinginkan, file akan bisa dibuka. File akan tersimpan dalam format dokumen .xlsx dan akan otomatis terbuka pada jendela aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel.

Nah, itulah informasi mengenaicara memindahkan data absen pada mesin finger ke komputer yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU