Friday 24th of May 2024

Rincian Biaya Bikin Paspor Tahun 2023 Lengkap Dengan Cara Bikin Online dan Syaratnya

×

Rincian Biaya Bikin Paspor Tahun 2023 Lengkap Dengan Cara Bikin Online dan Syaratnya

--

Kini Kementerian Hukum dan HAM menerbitkan aturan baru tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) nomor 18 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 8 tahun 2014.

Salah satu poin pentingnya adalah masa berlaku paspor 10 tahun. Lalu, apakah biaya paspor menjadi naik saat masa berlaku paspor menjadi 2 kali lipat lebih lama? Tenang saja, kali ini akan kami berikan informasinya untukmu, jadi simak hingga usai, ya!


Baca juga: 7 Hotel Budget di Bali Dekat Pantai Kuta, Menginap Hemat dan Berwisata Lebih Mudah

Baca juga: Daftar Harga Menu Jajanan Bakar Serba Rp2000an, Cocok Untuk Wisata Kuliner Bareng Buah Hati Tercinta

Baca juga: Contoh Surat Perintah Jalan Bus Pariwisata yang Baik dan Benar, Pastikan 4 Unsur Ini Sudah Tercantum!

Rincian Biaya Bikin Paspor Tahun 2023

Faktanya walaupun masa berlaku paspor lebih lama menjadi 10 tahun, biaya pembuatan paspor masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Artinya, tidak ada perubahan biaya terkait paspor.

Hal ini tertuang dalam aturan yang lama, yaitu Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Adapun biaya pembuatan paspor adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman adalah Rp 350.000.
  • Biaya pembuatan paspor 48 halaman elektronik atau e-pasport adalah Rp 650.000.

Bagi pemohon yang ingin mengakses layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama, bisa membayar Rp 1 juta di luar biaya penerbitan paspor.

Kini dengan biaya yang sama pemohon mendapat dua kali lipat masa berlaku paspor. Hal ini sangat positif baik bagi masyarakat maupun pemerintah.

Semuanya memiliki daya tarik tersendiri, namun mana yang jadi pencuri hatimu? Demikian informasi mengenai tempat wisata di batujajar yang kami harap bisa memudahkanmu. Selamat bersenang-senang! 

Sumber:

UPDATE TERBARU