Sunday 19th of May 2024

Cara Mendalami Suluk Linglung Sunan Kali Jaga, Mempelajari Nilai-nilai Tasawuf

×

Cara Mendalami Suluk Linglung Sunan Kali Jaga, Mempelajari Nilai-nilai Tasawuf

--

Salah satu konsep yang diwariskannya kepada masyarakat adalah "Suluk Linglung," yang mengandung makna mendalam dalam perjalanan spiritual dan pencarian makna hidup.

Dalam kitab Suluk Linglung juga dijelaskan tentang pentingnya penekanan menjalankan syari'at Islam seperti yang diajarkan oleh Rasulullah saw, termasuk sholat lima waktu, puasa ramadhan, membayar zakat dan menjalankan ibadah haji.


Salah satu ajaran sufi karya Sunan Kalijaga yang memuat nilai-nilai ajaran tasawuf yakni Suluk Linglung.

Term “Suluk” berarti mistis, atau jalan menuju kesempurnaan batin. Dalam terminologi Al-Qur’an, Suluk sama halnya dngan fasluki yang penjelasannya terdapat dalam surah an-Nahl: 69 “fasluki subula rabbiki dzululan” yang berarti tempuhlah jalan menuju Rabbmu yang telah dimudahkan bagimu. Dalam sastra Jawa suluk berarti ajaran, falsafah untuk mencari hubungan dan persatuan manusia dengan Tuhan.

Baca juga: Bacaan Alhamdulillah Wa Syukurillah (Arab, Tulisan Latin, dan Terjemahannya)

Baca juga: Cara Flashing Redmi 4A dengan Mudah, Ada 10 Langkah yang Harus Kamu Ikuti

Baca juga: Tujuan Flashing HP Redmi 4A, Bisa Untuk Mengatasi Bootloop atau Brick

Cara Mendalami Suluk Linglung

1. Pendirian Hati

Dalam perjalanan Suluk Linglung, penting untuk memulai dengan membersihkan hati dan pikiran dari gangguan-gangguan dunia. Ini bisa dilakukan melalui doa, meditasi, atau zikir.

2. Merendahkan Hati

Mengakui keterbatasan dan merendahkan diri di hadapan Tuhan adalah langkah penting dalam mencari pemahaman lebih dalam. Ini membantu individu melepaskan ego dan kesombongan yang bisa menghalangi pencapaian spiritual.

3. Meditasi dan Kontemplasi

Proses meditasi dan kontemplasi membantu seseorang menjelajahi lapisan-lapisan dalam pikiran dan perasaan mereka. Ini adalah waktu untuk merenung tentang kehidupan, makna eksistensi, dan hubungan dengan Yang Maha Kuasa.

Sumber:

UPDATE TERBARU