Friday 17th of May 2024

Jenis-jenis Rangka Atap Rumah, Penting Diketahui Sebelum Membangun!

×

Jenis-jenis Rangka Atap Rumah, Penting Diketahui Sebelum Membangun!

--

ASCOMAXX.com - Dalam pembuatan atau pembangunan atap rumah, kayu menjadi salah satu material yang sering digunakan untuk penopangan genteng. Kayu memiliki harga berbeda tergantung jenisnya. Berikut cara menghitung kebutuhan kayu untuk atap rumah beserta dengan estimasi biayanya.

Sebuah bangunan umumnya terdiri dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, atap, pintu, dan jendela. Bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan bisa beragam, seperti semen, beton, batu bata, kayu, logam, pipa atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut


Atap rumah memegang peranan penting dalam melindungi penghuni dari berbagai kondisi cuaca, termasuk sinar matahari yang panas dan hujan. Tanpa atap, rumah akan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Ada berbagai jenis rangka atap rumah yang sering digunakan, seperti kayu dan baja ringan.

Baca juga: Estimasi Biaya Rangka Atap Baja Ringan Rumah Minimalis, Kokok Harga Lebih Terjangkau!

Baca juga: Referensi Gambar Kanopi Baja Ringan Atap Spandek, Bisa Jadi Pilihan Untuk Teras Rumah Kamu!

Baca juga: Berikut Keunggulan dan Kekurangan Asbes sebagai Atap Rumah, Waspada Pengaruh Terhadap Kesehatan!

Rangka atap rumah adalah struktur utama yang berfungsi sebagai penopang dan penahan beban atap. Rangka atap berperan penting dalam menjaga kestabilan dan kekuatan seluruh atap rumah.

Biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti kayu atau baja, rangka atap terdiri dari beberapa elemen utama, termasuk gording, nok, dan reng. Gording adalah balok horizontal yang menghubungkan kedua ujung atap dan mendukung beban dari genteng atau bahan penutup atap lainnya.

Nok adalah bagian puncak atap yang menghubungkan dua sisi atap dan berfungsi sebagai garis pertemuan. Sedangkan reng merupakan balok kecil yang melintang di antara gording dan berfungsi untuk menjaga jarak dan posisi tetap antar-genting.

Jenis-jenis Rangka Atap Rumah

Rangka Atap Kayu

Kayu masih sering dipilih sebagai bahan utama dalam pembuatan rangka atap karena kemudahan dalam pembentukannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU