Sunday 19th of May 2024

Estimasi Biaya Rangka Atap Baja Ringan Rumah Minimalis, Kokok Harga Lebih Terjangkau!

×

Estimasi Biaya Rangka Atap Baja Ringan Rumah Minimalis, Kokok Harga Lebih Terjangkau!

--

ASCOMAXX.com - Rangka atap biasanya terbuat dari material kayu. Namun saat ini, baja ringan menjadi pilihan karena harganya yang lebih murah. Nah, berikut ini akan kami bagikan estimasi biaya pembuatan atap rumah dengan baja ringan pada rumah minimalis tipe 36.

Atap rumah memegang peranan penting dalam melindungi penghuni dari berbagai kondisi cuaca, termasuk sinar matahari yang panas dan hujan. Tanpa atap, rumah akan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Ada berbagai jenis material dalam pembuatan rangka atap, salah satunya dengan baja ringan.


Rangka atap baja ringan dirancang untuk memberikan dukungan dan kekuatan yang optimal dalam konstruksi atap bangunan. Rangka atap ini terdiri dari berbagai elemen seperti balok utama, balok sekunder, kolom, dan sistem penahan lainnya yang saling terhubung dan saling mendukung.

Baca juga: Contoh Desain Warung Minimalis dari Kayu, Sederhana Kekinian yang Tetap Estetik!

Baca juga: Berikut Keunggulan dan Kekurangan Kayu Ulin sebagai Konstruksi Bangunan, Ketahui Sebelum Membeli!

Baca juga: Konstruksi Kuda-kuda Kayu Pada Rumah, Sederhana Namun Tetap Kokoh!

Keunggulan utama dari rangka atap baja ringan adalah bobotnya yang ringan namun kuat, sehingga memungkinkan instalasi yang lebih cepat dan memerlukan jumlah bahan yang lebih sedikit dibandingkan dengan rangka atap konvensional.

Estimasi Biaya Rangka Atap Baja Ringan

Sebagai contoh, jika mengambil contoh sebuah rumah tipe 36 dengan desain atap pelana, pemasangan atap ini menggunakan rangka baja ringan Kanal C 75 dengan ketebalan 0,8 mm dan penutup atap berupa genteng tanah liat.

Prediksi total biaya untuk pemasangan atap ini juga mencakup berbagai komponen dan tenaga kerja yang dibutuhkan.Untuk rumah tipe 36 dengan atap pelana, dapat diestimasi bahwa prediksi total biaya pemasangan baja ringan dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

1. Biaya Bahan

Total biaya bahan per meter persegi = (Jumlah harga Kanal C + Jumlah harga Reng + Jumlah harga Baut + Jumlah harga Dynabolt + Jumlah harga Talang jurai) = Rp28.767,504 + Rp38.700,018 + Rp4.560 + Rp1.472 + Rp4.340 = Rp77.840,534

Sumber:

UPDATE TERBARU