Monday 20th of May 2024

Kerajaan Hindu Pertama di Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Sejarah Lengkapnya!

×

Kerajaan Hindu Pertama di Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Sejarah Lengkapnya!

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai kerajaan Hindu pertama di Pulau Jawa yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak keanekaragaman. Sejarahnya sendiri tidak bisa lepas dari adanya beberapa kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.


Baca juga: Mengenal Kerajaan Demak, Kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa dan Masa Kejaayaannya

Baca juga: Daftar Daerah Penghasil Batik di Pulau Jawa, Punya Corak dan Proses Pembuatan yang Khas

Baca juga: Viral! Hendra Kurniawan Ngaku Geram Lihat Berita Larang Buka Peti Jenazah Yosua

Periode kerajaan di Indonesia bisa terjadi dikarenakan pada saat itu di Indonesia berkembang karena adanya jalur maritim yang memudahkan negara lain untuk singgah. Salah satu periode kerajaan yang harus kamu ketahui adalah kerajaan Hindu.

Hindu di Indonesia sendiri dapat menyebar melalui jalur perdagangan, termasuk saat memasuki pulau Jawa. Sentuhan kerajaan Hindu di Pulau Jawa sendiri dapat dilihat dari berbagai peninggalannya.

Kerajaan Hindu Pertama di Pulau Jawa

Kerajaan Hindu pertama di Pulau Jawa adalah Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan tersebut berdiri sekitar pada abad ke 5 masehi. Lokasinya sekitar Bogor, Jawa Barat. Rajanya yang terkenal adalah Purnawarman. Purnawarman memeluk agama Hindu yang menyembah Dewa Wisnu".

Sumber:

UPDATE TERBARU