Tuesday 14th of May 2024

Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Sejarahnya

×

Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Sejarahnya

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak keanekaragaman. Sejarahnya sendiri tidak bisa lepas dari adanya beberapa kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.


Baca juga: Mengenal Alas Purwo, Taman Nasional Di Ujung Tenggara Pulau Jawa

Baca juga: Fitur “For You” Twitter Dinilai Mirip FYP TikTok, Ternyata Begini Alasannya

Baca juga: Nonton Film Horor Hidayah 2023, Ketika Niat Insaf Malah Dapat Teror Gaib Mencekam

Periode kerajaan di Indonesia bisa terjadi dikarenakan pada saat itu di Indonesia berkembang karena adanya jalur maritim yang memudahkan negara lain untuk singgah. Salah satu periode kerajaan yang harus kamu ketahui adalah kerajaan Islam.

Islam di Indonesia sendiri dapat menyebar melalui jalur perdagangan, termasuk saat memasuki pulau Jawa. Lantas, kerajaan Islam manakah yang pertama berdiri di Pulau Jawa?

Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa

Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah Kerajaan Demak. Kerajaan tersebut berdiri di Pulau Jawa pada akhir abad ke-15. Raja pertama Kerajaan Demak yaitu Raden Patah yang bergelar Sultan Alam Akbar Al Patah, seorang keturunan Raja Majapahit. Raden Patah berkuasa atas Kerajaan Demak sejak 1478 hingga 1518.

Sumber:

UPDATE TERBARU