Saturday 18th of May 2024

Tata Cara Menempati Rumah Baru Menurut Islam yang Bisa Bikin Hunian Lebih Nyaman dan Aman

×

Tata Cara Menempati Rumah Baru Menurut Islam yang Bisa Bikin Hunian Lebih Nyaman dan Aman

--

Islam adalah agama yang sempurna yang menuntun umatnya untuk bertindak benar mengharamkan penganutnya melakukan tindakan yang keliru. 

Dengan membaca doa menempati rumah baru tersebut, sesorang tidak akan melihat sesuatu yang buruk. Jadi keluarga dan harta benda bisa selamat karena mendapat perlindungan-Nya.


Doa-doa ini juga dimaksudkan agar siapapun senantiasa bertaqwa dan mengharapkan perlindungan dari Allah semata. Berikut ini adalah informasinya yang sudah kami siapkan untukmu.

Tata Cara Menempati Rumah Baru Menurut Islam

1. Membaca Surat Al-Baqarah

Saat menempati hunian baru, Rasullulah menganjurkan untuk membaca Surat Al-Baqarah. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah:

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR. Hakim).

2. Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29

Dalam surat Al-Mu’minun ayat 28-29 dijelaskan bahwa rumah adalah tempat dengan keberkahan yang diberikan oleh Allah yang patut kita syukuri. Adapun amalan ini sebaiknya diawali dengan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Bacaan ini dapat dibaca waktu pagi dan sore hari.

3. Membaca Surat Al-Ikhlas

Bacaan surat Al-Ikhlas ini akan meluaskan rejeki orang yang membacanya termasuk di dalam rumah, untuk kemudian mengalir ke tetangga-tetangganya.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Tembok Teras Rumah Keren dan Terlihat Bagus, Adem dan Nyaman Dilihat!

Baca juga: Jenis-jenis Batu Alam Untuk Dinding Rumah yang Bagus, Ketahui Motifnya Juga Sebelum Membeli!

Baca juga: Kombinasi Warna Cat Tembok dengan Batu Alam Untuk Teras Rumah Minimalis

4. Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Abu Daud

Dilansir dari hadist riwayat Abu Daud, seseorang yang meminta kebaikan atas rumah dan tempat tinggalnya dapat melantunkan doa dibawah ini.

“Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.”

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan.

5. Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Imam Muslim

Dalam hadist riwayat Imam Muslim tersebut dijelaskan bahwa saat memasuki rumah baru dan membaca doa tersebut, maka akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Sumber:

UPDATE TERBARU