Friday 17th of May 2024

5 Contoh Hadits Hasan Beserta Sanad Matan dan Perawinya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

×

5 Contoh Hadits Hasan Beserta Sanad Matan dan Perawinya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

--

2. Hadits Hasan Lighoirihi

عن عاصم بن عبيد الله قال سمعت عبد الله بن عامر بن ربيعة عن أبيه أن امرأة من بني فزارة تزوجت على نعلين فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم أرضيت من نفسك ومالك بنعلين قالت نعم قال فأجازه


Dari Syu’bah, dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari Abdullah bin ‘Amir bin Rabi’ah, dari ayahnya, bahwa seorang wanita dari Bani Fazarah menikah dengan mahar sepasang sandal. Maka Rasulullah SAW bersabda, ”Apakah engkau merelakan dirimu sedangkan engkau hanya mendapat mahar sepasang sandal?” Wanita tersebut menjawab, ”Ya.” Maka Rasulullah SAW membolehkannya.”

3. Contoh Hadits Hasan Pendek

“Dari ja’far bin sulaiman dari abu imron al-jauni dari abu bakar bin abi musa, al-Asy’ari berkata: ‘aku mendengar ayahku berkata mengenai sabda Rasulullah ketika musuh datang: ‘Sesungguhnya pintu-pintu syurga di bawah bayangan pedang.’” (HR. At-Tirmidzi).

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo, Lembaga Pendidikan Islam Meneruskan Perjuangan Para Masyayekh

Baca juga: Sejarah Singkat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo, Turut Serta Mempersiapkan Kader Islami

4. Hadits Hasan tentang Darah Menstruasi

“Dari Ibnu Umar dari Muhammad bin al-Mutsannaa dari Muhammad bin Abi Adiy dari Muhammad bin ‘Amr dari Ibnu Syihab dari Urwah bin az-Zubair dari Fathimah binti Abi Hubaisy bahwasanya ia mengalami istihadhah, kemudian Nabi SAW bersabda: ‘Darah haid itu kehitaman sudah dikenal. Jika darahnya seperti itu janganlah melakukan sholat. Jika ciri darahnya tidak seperti itu, berwudhulah dan sholatlah karena itu adalah urat (yang terluka).’” (HR. Abu Dawud).

5. Hadits Hasan tentang Mandi di Hari Jumat

“Rasulullah SAW, bersabda: Hak bagi seorang Muslim mandi di hari Jumat, namun jika ia tidak memperoleh airpun cukup dengan mengusap wangi-wangian keluarganya.” (HR.Ahmad).

Nah, jadi itulah informasi mengenai contoh hadits hasan yang bisa kamu jadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu. 

Sumber:

UPDATE TERBARU