Friday 17th of May 2024

Daftar Rincian Gaji Guru TK/PAUD Honorer dan Swasta di Indonesia Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

×

Daftar Rincian Gaji Guru TK/PAUD Honorer dan Swasta di Indonesia Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

--

ASCOMAXX.com - Melalui artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai daftar rincian gaji guru tk/paud honorer dan swasta di indonesia terbaru tahun 2023 khusus untuk kamu. Simak selengkapnya di sini.

Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik.


Definisi guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut. Namun, Guru juga terbagi menjadi Guru Pendidik. Apa pengertian nya? Berapa Gaji yang didapatkan?

Baca juga: Kegiatan Anak TK Tema Air yang Cocok Untuk Berlatih Kemampuan Siswa, Dijamin Belajar Jadi Makin Seru!

Baca juga: Ide Kegiatan Anak TK Tema Air, Bantu Murid Mengasah Kemampuan Daya Tahan Tubuh dan Pikiran

Baca juga: Contoh Kegiatan Anak TK Tema Api Sesuai dengan Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Belajar Jadi Makin Mudah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, dijelaskan bahwa guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar. Sementara pendidik adalah orang yang mendidik. Dua-duanya masuk kelas kata benda (nomina). Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut, jelas bahwa guru berkaitan dengan profesi.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK (Taman Kanak Kanak) merupakan sebuah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan tersebut dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut. Cek slide selanjutnya untuk mengetahui gaji guru TK/PAUD.

++++

Pendidikan merupakan hal yang penting. Indonesia menerapkan program wajib belajar 12 tahun namun untuk membentuk sumber daya manusia yang maksimal.

TK (Taman Kanak Kanak) dan PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jenjang pendidikan yang memberikan arahan kepada pendidik dan orang tua agar memberikan pendidikan bagi putra-putri mereka sejak usia dini. 

Pengertian Gaji 

Mencari pekerjaan merupakan hal yang cukup tricky. Banyak pencari kerja yang harus menyesuaikan kemampuan dengan syarat serta kriteria yang diajukan perusahaan. Menjadi guru tk merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidamkan.

Gaji sendiri menjadi salah satu kriteria memilih pekerjaan yang diinginkan Gaji adalah metode pembayaran upah yang didasarkan atas lama waktu mengerjakan satu tugas atau dihitung menurut tingkat upah per jam, tanpa memerhatikan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.

Gaji yang dibayarkan biasanya disertai dengan diberikannya slip gaji kepada pekerja. Pemberian slip gaji ini sebenarnya tidak diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Baca juga: Kegiatan Anak TK Tema Udara dengan Menggunakan Lagu, Lebih Fun dan Penuh Ilmu

Baca juga: Contoh Narasi Raport TK Masa Pandemi Untuk Mengukur Kemampuan dan Perkembangan Anak-Anak

Baca juga: Cara Membuat Narasi Raport TK Masa Pandemi Terbaru dan Link Downloadnya

Gaji Guru Honorer dan Swasta di Indonesia

Gaji Guru TK untuk honorer serta swasta sendiri setiap orang berbeda-beda tergantung dengan kesepakatan bersama dengan pihak sekolah swasta. Tetapi umumnya seorang guru TK mempunyai pendapatan sekitar Rp40.000 per hari.

Maka dari itu jika ditotal untuk sebulannya bisa mendapat sekitar Rp1.040.000 per bulan dengan asumsi 26 hari kerja. Selain kesepakatan dengan pihak sekolah, ada faktor lain yang mempengaruhi pendapatan guru TK yakni lokasi.

Terdapat wilayah Kota atau Provinsi yang membayar bisa sampai Rp55 ribu per hari atau bahkan ada yang membayar kurang dari Rp500 ribu per bulan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi gaji guru TK

  1. Jumlah siswa
  2. Wilayah lokasi Taman Kanak-kanak
  3. Standar sekolah yang menjadi tempat kerja
  4. Status PNS.

Jam kerja guru TK sendiri 

  1. Senin sampai Jumat = 08.00 – 16.00
  2. Sabtu = 08.00 – 12.00

Demikian tadi informasi tentang daftar rincian gaji guru tk/paud honorer dan swasta di indonesia terbaru. Jangan lupa untuk terus mengupdate informasi lainnya di ascomaxx.com.

Sumber:

UPDATE TERBARU