Sunday 19th of May 2024

Pondok Pesantren Nurul Qodim Probolinggo: Profil, Alamat Lokasi, dan Jenjang Pendidikan Ponpes

×

Pondok Pesantren Nurul Qodim Probolinggo: Profil, Alamat Lokasi, dan Jenjang Pendidikan Ponpes

--

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Qadim

Pendidikan di pesantren Nurul Qadim terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan formal dan non formal. Untuk pendidikan formal terdiri dari TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah atau MTs, serta Madrasah Aliyah atau MA.

Baca juga: Kumpulan Gambar Background Banner Khotmil Quran Islami HD Gratis, Tinggal Edit


Baca juga: Profil Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo, Lembaga Pendidikan Islam Meneruskan Perjuangan Para Masyayekh

Baca juga: Kumpulan Hadits Pendek dan Artinya Tentang Kehidupan dalam Islam, Dikutip Dari Dalam Ayat Al-Quran dan HR. Muslim

Untuk pendidikan non formal atau biasanya di pesantren salafiyah disebut dengan diniyyah juga cukup lengkap. Ada TPQ, yang selanjutnya tersedia madrasah diniyah dengan tingkatan I’dadiyah, atau masa persiapan, kemudian wustha atau tingkat menengah, dan ulya atau tingkat tinggi.

Ketiga jenjang di atas membuat pendidikan kitab kuning santri akan lebih mendalam. Kemampuan seperti membaca arab gundul, nahwu dari jurumiyah hingga alfiyah sudah menjadi makanan sehari-hari.

Terdapat jam khusus di mana santri musyawarah kitab kuning atau juga sering disebut dengan bahsul masail. Ini menjadikan santri terbiasa dengan persoalan-persoalan kontemporer di masyarakat.

Terakhir, ada jenjang satu lagi yaitu ma’had aly dengan takhassus tafsir dan ilmu tafsir. Beberapa jenjang tersebut memberikan banyak pilihan kepada santri jika ingin masuk Pesantren Nurul Qodim Probolinggo.

Sumber:

UPDATE TERBARU