Sunday 19th of May 2024

2 Organisasi Pencak Silat Terbesar di Jawa Tengah, Sudah Tersebar Dengan Banyak Anggota di Seluruh Indonesia

×

2 Organisasi Pencak Silat Terbesar di Jawa Tengah, Sudah Tersebar Dengan Banyak Anggota di Seluruh Indonesia

--

Teknik Dasar Pencak Silat

1. Teknik Kuda-Kuda

Sering juga disebut dengan gerakan ancang-ancang atau bersiap-siap dengan melipat kaki pada dengkul seperti melakukan gerakan squat. Kemudian ditahan beberapa lama sebelum berpindah ke teknik lain. Teknik ini bagus untuk melatih kekuatan kedua kaki saat menapak di permukaan tanah, lantai, maupun material lainnya. 


2. Teknik Sikap Pasang

Gerakannya fleksibel dan disesuaikan dengan kondisi. Jika digunakan untuk bertahan maka fokus pada kekuatan kaki yang bisa diubah posisinya sesuai kebutuhan. 

3. Teknik Tangkisan

Teknik tangkisan kemudian terdiri dari empat macam gerakan yakni dimulai dari tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas, dan juga tangkisan bawah. 

4. Teknik Tendangan

Tendangan bisa ke arah depan, belakang, dan juga di arah samping. Kemudian di dalam pencak silat, teknik dasar satu ini terdapat empat macam.

5. Teknik Guntingan

Guntingan termasuk ke dalam teknik dasar untuk kebutuhan menyerang. Menggunakan gerakan kedua kaki untuk menjepit kuda-kuda yang dibentuk oleh lawan.

6. Teknik Pukulan

Teknik dasar lain yang juga digunakan untuk menyerang lawan adalah teknik pukulan. Biasanya digerakan dengan gerakan tangan dan kaki yang saling berpadu sempurna.

7. Teknik Arah

Teknik dasar berikutnya adalah teknik arah, teknik ini digunakan untuk menentukan arah saat bertahan maupun menyerang. Nama lain untuk teknik ini adalah teknik penjuru mata angin, karena bisa merubah posisi ke segala arah.

8. Teknik Pola Langkah

Pola ini biasanya berupa teknik pola langkah S, pola langkah lurus, pola langkah zig-zag, pola langkah U, pola langkah segitiga, dan juga pola langkah segi empat. 

Baca juga: Apakah HP Infinix Cepat Rusak? Simak Pengalaman Menggunakan HP Infinix Selama Setahun di Sini

Baca juga: Video Evos Not Not Viral Tiktok Twitter, Link Download Mediafire Jadi Incaran Netizen

Baca juga: Daftar Menu Warkop Naik Kelas Benhill Semarang Jawa Tengah Berikut Alamat dan Jam Operasionalnya

2 Organisasi Pencak Silat Terbesar di Jawa Tengah

1. Merpati Putih

Merpati Putih adalah perguruan pencak silat yang lahir pada 2 April 1963 di Yogyakarta. Perguruan pencak silat ini adalah seni beladiri keluarga keraton.

Awalnya, pencak silat ini hanya diajarkan pada kalangan militer dan protokoler pemerintahan. Namun sekarang pencak silat Merpati Putih juga diajarkan kepada masyarakat secara umum.

2. Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Tapak Suci berdiri pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Aliran perguruan tinggi ini menjadi penggagas anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Jadi, Tapak Suci Putera Muhammadiyah ini juga ikut berkontribusi dalam berkembangnya IPSI sebagai organisasi.

Sekian informasi mengenai organisasi pencak silat di jawa tengah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU